6 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk ketika Dikonsumsi Berlebihan

6 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk ketika Dikonsumsi Berlebihan
Ilustrasi nasi. ©shutterstock.com/qingqing
SEHAT | 30 November 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, konsumsi makanan sehat setiap hari merupakan hal yang penting dilakukan. Baik untuk menjaga tubuh tetap berfungsi sebagaimana mestinya atau untuk menjaga kesehatan, konsumsi makanan sehat merupakan hal yang penting dilakukan.

Jenis makanan yang paling penting untuk kamu konsumsi ini adalah buah dan sayur. Konsumsi dalam jumlah tepat bisa sangat membantu mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Walau sangat menyehatkan, namun patut diketahui bahwa segala hal yang berlebihan tidak baik dilakukan. Hal ini juga termasuk pada makanan sehat ini.

Sejumlah makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari, bisa memiliki dampak berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Bright Side, berikut sejumlah dampak buruk yang bisa muncul ketika mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan.

2 dari 4 halaman

Pisang dan Oats

oats

1. Pisang

Makan terlalu banyak pisang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak. Sama seperti gula, pisang juga bisa memroduksi bakteri yang merusak gigi dan menyakiti email gigi.

Untungnya, jumlah gula dalam pisang kurang terkonsentrasi sehingga hal ini tak terjadi secara cepat. Pisang juga kaya dengan kandungan tiramin yang bisa memicu migrain. Jumlah sehat konsumsi pisang setiap hari adalah dua buah.

2. Oats

Makan terlalu banyak oats bisa membuatmu mengalami kembung serta masalah perut lain. Penelitian menunjukkan bahwa gejala konstipasi bisa diturunkan secara signifikan dengan mengurangi asupan makanan berserat.

Konsumsi oats secara berlebih juga bisa membatasi penyerapan kalsium, magnesium, dan zinc. Konsumsi oats secara berlebih terutama dengan topping yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan meningkatnya berat badan.

3 dari 4 halaman

Keju dan Nasi

nasi

3. Keju

Konsumsi keju dalam jumlah besar bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Keju juga bisa menyebabkan heartburn karena kandungan hormon cholecystokinin yang dilepaskan ketika mengonsumsinya.

4. Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia dan cenderung dikonsumsi dalam jumlah besar. Sayangnya, makanan ini juga rendah kandungan vitamin.

Konsumsi nasi dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan tingkat insulin dalam tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan kondisi mental yang memburuk karena paparan aresenik dalam jumlah rendah.

4 dari 4 halaman

Brokoli dan Bluberri

bluberri

5. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan tiosianat yang bisa menyebabkan produksi berlebih hormon tiroid. Hasilnya, kamu bisa mengalami kerontokan rambut, wajah bengkak, serta dampak lain akibat konsumsi brokoli secara berlebih.

Konsumsi brokoli berlebih juga bisa menyebabkan hidung berair dan menyebabkan sejumlah dampak alergi lain seperti ruam kulit dan juga gatal-gatal. Pada sayuran ini, disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari empat cangkir.

6. Bluberri

Bluberri bisa menurunkan kadar gula darah seseorang dan bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Berri juga bisa mengencerkan darah sehingga berbahaya dikonsumsi bagi mereka yang mengonsumsi obat.

Bluberri juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi dan bisa menyebabkan napas tak teratur serta pendek ketika dikonsumsi berlebih. Dalam mengonsumsi buah ini, jumlah yang disarankan adalah satu cangkir. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Minuman Sarapan Terbaik bagi Kamu yang Sedang Diet
Kebiasaan Makan Sendirian pada Wanita Lansia Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
3 Cara Mencegah Rasa Terbakar di Pantat Usai Konsumsi Makanan Pedas
Konsumsi Susu Pasteurisasi Jadi Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sehari-Hari
7 Manfaat Luar Biasa dari Minum Susu Sebelum Tidur
Kendati Lezat, Keseringan Makan Nasi Padang Bisa Picu Stroke
Rasa Umami pada Makanan Bantu Tingkatkan Nafsu Makan Lansia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami