6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Labu Siam

SEHAT | 2 November 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi sayuran merupakan salah satu cara mudah dan tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi adalah Labu siam.

Labu siam merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi dikonsumsi pada beragam daerah di Indonesia. Banyak yang mengonsumsinya dalam bentuk masakan tertentu, namun tak jarang yang hanya merebusnya saja.

Sayur ini merupakan makanan yang sebaiknya kamu konsumsi secara rutin untuk mendapat manfaat kesehatannya. Terutama karena mudahnya didapat serta harganya yang terjangkau.

Makanan ini bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil hingga melindungi dari masalah jantung. Dilansir dari Healhtatoz, berikut sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi labu siam.

1 dari 6 halaman

Kaya Serat

Labu siam memiliki kandungan kalori, kolesterol, serta lemak jenuh yang sangat rendah di dalamnya. Sayur ini juga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

2 dari 6 halaman

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Labu siam disebut dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tingginya kadar kalium dalam sayur ini dapat membantu menyeimbangkan efek natrium yang bisa mencegah hipertensi.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, kandungan homosistein yang berlebihan dalam darah dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Lamu Siam memiliki kandungan yang sangat tepat untuk mencegah masalah tersebut karena kandungan folat di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Antioksidan

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

5 dari 6 halaman

Baik untuk Ibu Hamil

Vitamin B9 (asam folat) merupakan salah satu kandungan terbaik dari labu siam dan sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi bayi, misalnya, malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf, serta masalah jantung.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi dapat membuat seseorang menderita anemia. Labu siam adalah sumber yang tepat bagi senyawa tersebut, yang dapat merangsang produksi sel darah merah dan kadar hemoglobin.

Sejumlah manfaat luar biasa dari labu siam tersebut bisa sangat bermanfaat untuk kesehatanmu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sayur ini secara rutin untuk meningkatkan kesehatanmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Ingin Awet Muda? Rajin Makan Labu Siam
Kentang Bisa Jadi Sumber Karbohidrat yang Sangat Cocok untuk Atlet
7 Makanan dengan kandungan Air Sangat Tinggi untuk Memenuhi Kebutuhan Harianmu
5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Mengukus Makanan
Kenalan dengan Sayur Enak dan Bergizi yang Jarang Didengar Namanya