6 Manfaat Sehat yang Bisa Kamu Peroleh dari Konsumsi Kecambah

SEHAT | 23 Agustus 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kecambah atau taoge merupakan salah satu sayuran yang cukup populer dan digunakan pada berbagai masakan. Rasa dan teksturnya yang gurih membuat sayuran ini jadi sangat disenangi.

Selain sedap, kecambah juga memiliki harga yang terjangkau dan sangat mudah ditemui. Bahkan kamu juga bisa menanam tumbuhan ini di halaman sehingga membuatnya lebih murah dan mudah untuk didapat.

Selain lezat di lidah, sayuran satu ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuhmu. Kandungan sejumlah nutrisi pada tanaman ini menjadikannya sebagai pilihan yang menyehatkan dan mengandung sejumlah manfaat.

Kecambah memiliki kandungan kalori yang rendah serta kaya serat, enzim, protein, dan mikronutrisi lainnya. Sayuran ini juga cukup mudah untuk diolah dan dinikmati baik direbus, digoreng, atau secara mentah.

Mengingat banyaknya nutrisi yang dikandung sayuran ini, tak heran jika banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh konsumsi kecambah secara rutin setiap hari.

1 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kecambah merupakan sayuran kaya protein yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika menurunkan berat badan. Kecambah juga mengandung kalori lebih sedikit serta kaya dengan serat. Mengonsumsi kecambah bisa membuat perutmu terasa lebih kenyang serta menurunkan nafsu makan.

2 dari 6 halaman

Baik Bagi Perut

Kecambah memiliki manfaat yang sangat besar untuk sistem pencernaanmu. Sayuran ini bisa membuat buang air besarmu menjadi lancar, mencegah konstipasi, dan meningkatkan pencernaan secara keseluruhan. Kecambah mengandung enzim yang bisa meningkatkan metabolisme sehingga bisa melarutkan makanan dan membuat saluran pencernaan menyerap nutrisi secara optimal.

3 dari 6 halaman

Mampu Mengendalikan Gula Darah

Mengonsumsi kecambah setiap hari bisa membantu mengendalikan tingkat gula darah dalam tubuh. Berdasar sebuah penelitian, hal ini terjadi karena jumlah karbohidrat pada kecambah bisa menurun.

4 dari 6 halaman

Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kecambah juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko masalah jantung yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menyebut bahwa mengonsumsi kecambah bisa meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan jumlah kolesterol HDL buruk.

5 dari 6 halaman

Membangun Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dari kecambah mampu menjadi stimulan yang kuat pada sel darah putih pada tubuh yang bisa melawan infeksi. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

6 dari 6 halaman

Baik untuk Penglihatan

Kecambah mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan daya penglihatan. Antioksidan yang terdapat pada kecambah juga dapat melindungi sel di mata dari radikal bebas.

Sejumlah manfaat kesehatan ini bisa kamu peroleh dari konsumsi kecambah. Mengingat banyaknya manfaat ini, sebaiknya mulai masukkan sayuran ini pada menu makananmu setiap hari. (mdk/RWP)

Baca juga:
16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan
Orangtua Miliki Peran Besar agar Anak Tidak Pilih-Pilih Makanan
Nilai Nutrisi yang Sama pada Makanan Ternyata Memiliki Efek yang Berbeda pada Tubuh
Antara Selada dan Kubis, Mana Sih yang Lebih Sehat?
8 Alasan Wanita Wajib Konsumsi Kembang Kol Secara Teratur
10 Alasan Wanita Harus Rajin Konsumsi Brokoli