6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit

SEHAT | 9 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Alpukat atau avokad merupakan buah yang merupakan sumber nutrisi sangat kaya. Buah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tak bisa dikesampingkan.

Alpukat merupakan satu-satunya buah dengan kandungan asam lemak tak larut yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi lain yang dimiliki oleh buah ini juga tak kalah luar biasanya.

Konsumsi Alpukat bisa membantu memperlancar kesehatan pencernaan seseorang. Selain itu, buah ini juga mampu menurunkan risiko depresi yang dimiliki oleh seseorang.

Mengonsumsi buah ini secara rutin membantu untuk menjaga tingkat kolesterol sehat di dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah osteoporosis.

Selain segudang manfaat kesehatan tersebut, buah alpukat juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat yang diberikan buah alpukat terhadap kulit.

1 dari 6 halaman

Sebagai Pelembap Kulit

Terdapat sejumlah nutrisi penting seperti potassium, vitamin E, dan lecithin yang dikandung buah Alpukat. Buah ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk melembapkan dan memelihara kesehatan kulit. Bagian luar kulit bakal sangat mudah dan mendapat manfaat dari sejumlah nutrisi tersebut.

2 dari 6 halaman

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika minyak dan kulit mati terakumulasi di dalam atau dekat folikel rambut. Hal ini pada akhirnya mencegah masuknya oksigen ke bagian dalam kulit.

Masalah kulit ini bisa dicegah dengan konsumsi alpukat setiap hari. Konsumsi buah ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah penumpukan residu minyak. Selain itu, terdapat kandungan anti peradangan yang mampu membantu meredakan kemerahan di kulit serta peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Kuku

Untuk mengatasi kuku kering dan pecah-pecah, alpukat merupakan solusi bagi masalah tersebut. Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa menggunakan minyak alpukat. Mengoleskannya pada kuku dan kulit di sekitarnya bisa mengobati masalah pecah-pecah yang terjadi.

4 dari 6 halaman

Meredakan Eksim

Eksim merupakan masalah kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Keberadaan antioksidan dan vitamin di dalamnya menyebabkan alpukat bisa membantu mengobati kulit dan mengatasi eksim secara bertahap.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan minyak alpukat untuk meredakan eksim. Walau begitu, penting untuk melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit untuk mengetahui apakah pengobatan ini bisa efektif atau tidak.

5 dari 6 halaman

Membantu Mengobati Luka

Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, minyak alpukat dapat membantu mengobati luka. Keberadaan asam lemak esensial dan asam oleik di dalam alpukat bisa membantu mengatasi luka.

Kedua kandungan asam tersebut bisa mendorong sintesis kolagen serta mengurangi parahnya luka. Asam lemak juga mampu mengurangi peradangan selama proses penyembuhan.

6 dari 6 halaman

Meredakan Kulit Terbakar

Kulit gosong terbakar merupakan masalah umum yang biasa kamu alami di wajah. Jika kamu sering keluar ruangan dan terpapar matahari, besar peluang kamu mengalami kulit terbakar ini.

Minyak alpukat bisa membantu mengatasi gejala kulit terbakar seperti gatal, perih, dan lain sebagainya. Lamdimham antioksidan, beta karotin, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial bisa membantu proses penyembuhan kulit terbakar. (mdk/RWP)

Baca juga:
Miliki Jerawat Bisa Buat Seseorang Mengalami Depresi
10 Buah Murah Meriah Bernutrisi Super untuk Kulit Cantik dari Dalam
Sejumlah Hal yang penting Diketahui Orangtua Mengenai Dermatitis Atopik pada Anak
5 Perawatan Kulit Wajah yang Penting untuk Diketahui Pria
3 Masalah yang Bisa Dialami oleh Manula Ketika Menderita Dermatitis Atopik
Tak Hanya Diderita Anak, Dermatitis Atopik Juga Bisa Dialami Lansia