6 Masalah Kesehatan yang Bisa Jadi Penyebab Kejantanan Pria Sering Kesemutan

SEHAT | 8 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mati rasa atau kesemutan merupakan kondisi yang bisa terjadi pada sejumlah bagian tubuh. Namun sesungguhnya terdapat salah satu bagian tubuh yang sebaiknya tidak mengalami hal ini yaitu pada kejantanan pria.

Namun, pada faktanya, mati rasa yang terjadi pada alat vital pria ini sesungguhnya bukanlah hal yang benar-benar aneh. Kejadian ini biasa dialami sejumlah pria karena berbagai sebab seperti ketika membonceng sepeda motor atau saat menggunakan celana terlalu ketat.

Berbagai hal yang terjadi dalam waktu lama tersebut menimbulkan sensasi mati rasa yang cukup aneh terasa. Padahal, selayaknya bagian tubuh lain yang dialiri darah dan memiliki saraf, kesemutan ini mungkin terjadi.

Walau kerap dianggap tidak berbahaya, namun terdapat sejumlah hal serius yang bisa jadi penyebab mati rasa pada penis ini. Dilansir dari The Sun, berikut sejumlah masalah kesehatan serius yang bisa jadi penyebab kesemutan di kemaluan.

1 dari 6 halaman

Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang menyerang area kejantanan pria. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah mati rasa atau kesemutan yang muncul ketika tumor mulai menyerang kelenjar prostat.

Kelenjar Prostat memiliki fungsi memproduksi cairan yang membawa sperma selama ejakulasi. Kanker ini juga dapat menyebabkan mag dan luka pada bagian bawah perut dan menyerang penis.

Gejala lain yang muncul termasuk keinginan untuk kencing terus menerus serta aliran kencing yang lemah. Selain itu sering muncul perasaan tak lega usai kamu buang air kecil.

2 dari 6 halaman

Pakaian Ketat

Pakaian yang kamu gunakan juga bisa berdampak pada kesehatan area vitalmu. Ketika kamu menggunakan celana jeans skinny atau celana pendek rangkap, maka bisa menyebabkan masalah pada penismu.

Jika pakaian yang kamu gunakan terlalu sempit, maka bisa terjadi iritasi pada penis yang menyebabkan perasaan kesemutan dan gatal. Iritasi ini bisa menyebabkan kejantanamu tidak sesensitif biasanya. Selain itu, pakaian jenis ini juga membuat sirkulasi darah di area tersebut jadi terhambat.

3 dari 6 halaman

Penyakit Peyronie

Beberapa pria mengalami kondisi bernama penyakit peyronie's yang menyebabkan penis melengkung ketika mengalami ereksi. Penyakit ini bisa menyebabkan mati rasa pada jaringan saraf yang menghalau aliran darah ke penis, menimbulkan mati rasa, serta berkurangnya ukuran penis.

Walau pada umumnya penis memang melengkung saat ereksi, namun pada penderita penyakit ini, hal tersebut disertai dengan rasa sakit. Penyakit ini bisa berujung pada kesulitan melakukan seks serta disfungsi ereksi.

4 dari 6 halaman

Masalah Saraf

Masalah saraf yang dialami bisa menjadi pemicu dari mati rasa dan kesemutan ini. Pria yang mengalami diabetes, lupus, multiple sclerosis, penyakit vaskular, dan kanker mungkin mengalami masalah saraf ini.

Masalah saraf yang dialami ini bisa sangat beragam. Seseorang mungkin mengalami kesemutan, mati rasa, perasaan dingin di penis, atau bahkan rasa nyeri.

5 dari 6 halaman

Cedera Karena Seks

Munculnya masalah mati rasa dan kesemutan ini bisa jadi akibat dari seks yang baru saja kamu lakukan. Terdapat sejumlah kasus yang menyebut bahwa pria mengalami 'patah' pada bagian penis ketika melakukan seks.

Munculnya cedera ini bisa menimbulkan berbagai dampak. Kesemutan atau mati rasa merupakan masalah yang mungkin dialami karena hal ini.

6 dari 6 halaman

Bersepeda

Mengayuh secara aktif dan duduk di pedal yang sempit bisa menimbulkan perasaan tak nyaman baik pada pria maupun wanita. Hal ini juga bisa menimbulkan dampak pada bagian tubuh yang terlibat aktif seperti pada area kewanitaan.

Pada wanita, vagina mereka mungkin lecet dan lebam karena bersepeda. Sedangkan pada pria, penis dan testis bisa mengalami masalah karena hal ini.

Aliran darah serta jaringan saraf di bagian kejantanan bisa mengalami masalah karena kebiasaan bersepeda ini. Dampak yang mungkin muncul secara cepat adalah mati rasa dan kesemutan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pria dengan Gengsi Tinggi Suka Mengaku Memiliki Ukuran Besar di Dalam Celana Mereka
Kekhawatiran Pria Terhadap Ukuran Kejantanan Sebenarnya Tak Berdasar
Ternyata Pada Masa Lalu Pria Punya Tulang Tambahan di Bagian Paling Pribadi
Ini Alasan Kenapa Buah Zakar dalam Posisi Menggelantung di Bawah Penis
Ukuran Penis Ternyata jadi Salah Satu Penanda Kesuburan Pria
Masalah Disfungsi Ereksi Kemungkinan Bawaan dari Gen Seseorang