6 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Wanita ketika Kebanyakan Gula

6 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Wanita ketika Kebanyakan Gula
SEHAT | 22 Mei 2020 13:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada kondisi seperti sekarang, banyak orang yang tidak memperhatikan konsumsi makanan mereka sehari. Padahal sejumlah bahan makanan bisa menyebabkan dampak buruk pada tubuh.

Konsumsi makanan yang berlebihan sering tidak kita sadari didapat dari gula dan garam. Hal ini bisa terjadi dari konsumsi makanan sehari-hari yang kita makan.

Konsumsi gula yang berlebih ini terntu saja sangat berbahaya pada kesehatan seseorang. Secara khusus, dampak kesehatan yang ditimbulkan pada wanita juga bisa berbeda.

Sejumlah penyakit bisa dialami wanita ketika berlebihan mengonsumsi gula berlebihan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bisa dialami wanita ketika konsumsi gula berlebih.

1 dari 6 halaman

Penyakit Jantung

Penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi minuman manis dengan pemanis tambahan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita. Konsumsi minuman ini juga diketahui berhubungan dengan meningkatnya risiko wanita mengalami stroke.

Hal ini terjadi karena konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan selera makan dan berujung obesitas. Tingginya kadar gula di darah bisa menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, resistensi insulin, kolesterol tak sehat, serta diabetes tipe 2.

2 dari 6 halaman

Bertambahnya Berat Badan

badan

Minuman berpemanis seperti soda, jus, serta teh manis kaya dengan fruktosa, yang meningkatkan rasa lapar serta selera makan. Konsumsi minuman tinggi gula bisa menyebabkan akumulasi lemak perut yang berhubungan dengan diabetes dan penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

Jerawat

Pola makan yang kaya karbohidrat olaha termasuk makanan dan minuman berpemanis bisa meningkatkan risiko kadar gula darah dan insulin. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah hal yang memicu munculnya jerawat.

4 dari 6 halaman

Diabetes Tipe 2

2

Konsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Hal ini merupakan faktor risiko penyebab terjadinya diabetes tipe 2.

5 dari 6 halaman

Kanker

Makanan dan minuman kaya pemanis bisa berujung terjadinya obesitas, resistensi insulin, serta peradangan. Sejumlah hal tersebut merupakan faktor risiko yang bisa menyebabkan terjadinya kanker.

6 dari 6 halaman

Depresi

Konsumsi banyak makanan olahan termasuk makanan berpemanis tak hanya berdampak pada fisik namun juga mental. Oleh karena itu, hal ini bisa menyebabkan terjadinya depresi.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut rentan dialami oleh wanita ketika berlebihan mengonsumsi gula. Agar terhindar dari seluruh masalah kesehatan tersebut, pastikan untuk menghindari konsumsi makanan dan inuman tinggi gula. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali Sejumlah Gaya Hidup yang Buat Seseorang Berisiko Terkena Kanker Usus
5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai
Susu Bisa Jadi Pilihan Minuman yang Tepat dan Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
6 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi Ramuan untuk Membuat Kulit Jadi Berkilau
4 Cara untuk Cegah Dirimu Kelebihan Konsumsi Gula pada Kehidupan Sehari-Hari
Menyikat Gigi Saja Tak Cukup untuk Menjaga Kesehatan Mulut dari Serbuan Penyakit

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami