6 Tanda yang Ditunjukkan oleh Tubuh Ketika Kamu Kelebihan Mengonsumsi Garam

SEHAT | 9 Oktober 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kandungan gula atau sodium yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Selama ini, tingginya kandungan garam dalam tubuh berhubungan dengan masalah hipertensi.

Kondisi hipertensi yang dialami sejumlah orang ini bias jadi pintu masuknya sejumlah penyakit. Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke merupakan hal yang rentan terjadi karena tingginya asupan garam dalam tubuh.

Kadar garam yang terlalu tinggi ini bisa terjadi karena konsumsi sejumlah kudapan atau makanan kemasan. Beberapa makanan ini memiliki kandungan garam yang sangat tinggi dan bisa berdampak pada tubuh.

Ketika tubuh kelebihan kandungan garam, sejumlah tanda bisa muncul pada seseorang. Hal-hal ini bisa jadi penanda bahwa ada yang tidak beres terjadi pada tubuh seseorang. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah tanda yang ditunjukkan oleh tubuh ketika kelebihan kandungan garam.

1 dari 6 halaman

Fungsi Otak Menurun

Konsumsi garam secara berlebihan ternyata bisa mempengaruhi fungsi otak. Sebuah penelitian yang dilakukan University of Colorado pada tahun 2018 mengungkap bahwa seseorang yang memiliki kandungan garam lebih tinggi pada darah cenderung mengalami penurunan kognitif.

2 dari 6 halaman

Merasa Haus

Makanan dengan kandungan sodium yang tinggi bisa membuat kamu lebih haus karena sodium bisa mengacaukan keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi sodium, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air untuk menyeimbangkan asupan garam dalam sel tubuh.

3 dari 6 halaman

Muncul Bengkak di Tubuh

Konsumsi terlalu banyak sodium bahkan hanya dalam satu malam bisa membuatmu tampak bengkan pada esok hari. Hal ini disebut sebagai edema, kondisi bengkak karena kelebihan cairan pada jaringan tubuh.

Menurut Mayo Clinic, edema bisa jadi tanda adanya penyakit dalam tubuhmu atau karena kandungan sodium berlebih pada tubuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukannya dengan mengurangi asupan garam pada makananmu.

4 dari 6 halaman

Munculnya Batu Ginjal

Konsumsi garam yang terlalu tinggi bisa sangat membebani fungsi ginjal. Terlalu banyak garam diketahui bisa meningkatkan jumlah protein yang keluar melalui kencing.

Lebih banyak protein pada air kencing merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit ginjal. Ketika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya mulai batasi asupan garam pada makananmu sehari-hari.

5 dari 6 halaman

Tukak Lambung

Makanan tinggi sodium bisa meningkatkan risiko kanker perut. Sodium bisa mencederai tubuh dengan menyebabkan infeksi pada perut atau tukak lambung yang merupakan penyebab utama kanker perut.

6 dari 6 halaman

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah yang telah lama diketahui terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi garam. Oleh karena itu, ketika kamu mengalami masalah ini, artinya sudah waktunya untuk membatasi asupan garam setiap hari.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi tanda yang muncul ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak garam. Jika terjadi hal ini, segera turunkan jumlah sodium yang kamu konsumsi setiap harinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular
Diprediksi Bakal Ada 250 Juta Anak Obesitas pada 2030
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Orang Pendek
6 Makanan yang Bisa Membuatmu Terhindar dari Masalah Penyumbatan Arteri
6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Penyakit Paru pada Orang yang Tidak Merokok
Kebiasaan Bekerja di Akhir Pekan Bisa Timbulkan Masalah Depresi