7 Cara Ampuh Mencegah Stress Eating saat Kamu Mengurung Diri di Rumah

7 Cara Ampuh Mencegah Stress Eating saat Kamu Mengurung Diri di Rumah
SEHAT | 8 April 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat kita mengurung diri di rumah seperti saat ini, stres merupakan hal yang sangat rentan terjadi. Hal ini bakal semakin parah pada situasi yang tidak menentu seperti sekarang.

Ketika berada di rumah selama beberapa saat ini, hal yang paling banyak kita lakukan adalah makan dan tidur. Sayangnya, hal ini sering tidak disertai dengan olahraga yang sesuai karena tubuh kita yang kurang gerak.

Kondisi semakin banyak makan yang kita lakukan ini biasanya bertujuan untuk menenangkan perasaan di tengah situasi saat ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk mencegah stress eating yang kamu alami.

1 dari 7 halaman

Hindari Godaan Makanan

Adanya godaan makanan dalam jarak dekat bisa menyebabkan kamu sering ngemil dan jadi makan berlebih bahkan ketika tidak lapar. Hal ini terutama dialami pada makanan dengan kandungan kalori tinggi bisa membuat kamu menjadi merasa lapar terus dan akhirnya makan berlebih.

2 dari 7 halaman

Jaga Jadwal Makan Sehat

makan sehat

Memiliki jadwal makan yang teratur bisa sangat bermanfaat dalam mencegah munculnya masalah ini. Dengan membuat jadwal makan, kamu juga bisa membatasi diri dari keinginan makan di luar jadwal.

3 dari 7 halaman

Masak Makanan Sendiri

Konsumsi makanan yang dimasak sendiri bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan buatan sendiri bisa buat seseorang terhindar dari kelebihan berat badan.

4 dari 7 halaman

Jaga Asupan Air

air

Tinggal di rumah bisa membuatmu lebih fokus dalam gaya hidup sehat termasuk minum secara cukup. Menjaga asupan air di dalam tubuh bisa mencegah seseorang makan berlebih akibat stres.

5 dari 7 halaman

Banyak Bergerak

Meningkatkan aktivitas dengan sejumlah kegiatan fisik bisa membantu mencegah masalah. Hal ini bisa membuatmu terhindar dari kebosanan, stres, serta kebiasaan banyak ngemil.

6 dari 7 halaman

Mencegah Kebosanan

Diam dalam waktu lama di rumah bisa menyebabkan kamu mudah bosan dan pada akhirnya jadi makan lebih banyak. Melakukan hobi yang disukai bisa membuatmu terhindar dari kebosanan dan masalah di masa mendatang.

7 dari 7 halaman

Lakukan Pembatasan Porsi Makan

Membatasi porsi makanan yang kamu konsumsi bisa sangat berpengaruh terhadap jumlahnya. Batasi porsi makanmu agar terhindar dari masalah ini dan kamu terhindar dari makan berlebih akibat stres.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah diri jadi makan berlebih. Selamat mencoba! (mdk/RWP)

Baca juga:
Tips Aman Berpuasa Ramadan pada Saat Pandemi
11 Cara Mudah agar Kamu Lebih Cepat Terlelap di Malam Hari Tanpa Rasa Cemas
4 Hal yang Wajib Dilakukan oleh Penderita Diabetes pada Malam Hari
4 Cara Bagi Orangtua untuk Membuat Anak Tidak Lagi Bertingkah Kasar
Begini Cara Jaga Kesehatan Mental Tetap Prima di Tengah Gempuran COVID-19
Tidak Perlu Repot, Begini 3 Cara Mudah untuk Lancarkan Buang Air Besar di Rumah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami