7 Cara Mengatasi Munculnya Bau Mulut dan Membuat Napas Tetap Segar

7 Cara Mengatasi Munculnya Bau Mulut dan Membuat Napas Tetap Segar
Ilustrasi bau mulut. Shutterstock/KieferPix
SEHAT | 5 Oktober 2020 00:49 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bau mulut atau yang biasa disebut sebagai halitosis merupakan salah satu masalah yang umum kita alami. Masalah ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda.

Munculnya bau mulut ini bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, pola makan, serta kondisi kesehatan. Sejumlah kondisi ini memunculkan bakteri di dalam mulut yang membuat munculnya bau tak sedap.

Hampir semua orang mengalami masalah bau mulut ini setidaknya satu kali seumur hidup. Karena bisa mengganggu diri sendiri dan orang lain, masalah ini sebaiknya diatasi dengan tepat.

Munculnya halitosis ini juga bisa terjadi sebagai delusi, menurut European Journal of Dentistry. Hal ini terjadi ketika seseorang yakin bahwa mereka memiliki bau napas tak sedap yang bisa mengganggu orang lain walau tak ada bukti klinis yang bisa menjelaskannya.

Hal ini terjadi pada sekitar 28 persen pasien yang mengeluh bahwa mereka mengalami bau mulut. Kondisi ini dikenal sebagai halitofobia yang berarti ketakutan terhadap bau napas tak sedap.

Mencegah dan mengatasi bau mulut merupakan hal yang harus dilakukan agar tak mengalami halitosis. Dilansir dari Health24, berikut cara mengatasi munculnya bau mulut tak sedap.

Baca Selanjutnya: Bersihkan Gigi dan Mulut dengan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami