7 Cara Mengatasi Terpaan Panas Matahari yang Menyengat

7 Cara Mengatasi Terpaan Panas Matahari yang Menyengat
ilustrasi orang kepanasan. ©2012 Merdeka.com
SEHAT | 16 Mei 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Indonesia merupakan negara tropis yang dilimpahi dengan banyak sinar matahari. Walau begitu, terpaan sinar matahari yang terjadi beberapa waktu belakangan memang lebih panas dibanding sebelumnya.

Pada pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau ini, kita memang menghadapi cuaca yang lebih panas dibanding sebelumnya. Sinar matahari yang lebih terik membuat udara menjagi lebih gerah sepanjang hari.

Kondisi panas yang luar biasa ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman bagi kita untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita perlu melakukan sejumlah penyesuaian untuk beraktivitas pada kondisi cuaca seperti ini.

Tindakan pencegahan penting dilakukan untuk mencegah masalah lebih lanjut pada cuaca panas ini. Dilansir dari Mental Floss, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cuaca yang sedang panas seperti saat ini.

1. Minum Banyak Air

Hal terpenting yang bisa kamu lakukan pada saat hawa sedang panas adalah mengonsumsi cukup air putih. Terpenuhinya asupan air di dalam tubuh bisa membantu menjaga kondisinya tetap dingin.

Untuk memastikan apakah tubuh sudah terhindari dengan baik atau tidak, kamu bisa mengeceknya dengan melihat kondisi air kencing. Pastikan cukup minum untuk menghindari risiko masalah kesehatan lain yang mungkin muncul.

2. Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Jika kamu tinggal di rumah tanpa pendingin udara atau di tempat dengan udara sangat panas, ada baiknya kamu tetap terhubung dengan orang lain. Hal ini sebagai langkah preventif jika terjadi masalah kesehatan pada dirimu atau orang lain yang kamu kenal.

2 dari 4 halaman

Cari Tempat Sejuk dan Hindari Sengatan Matahari

3. Cari Tempat Dingin dan Sejuk

Pada saat cuaca tengah terik, sangat penting untuk berteduh dan mencari tempat yang dingin dan sejuk. Kamu bisa berteduh di tempat yang sejuk dan rindang atau juga di tempat berpenyejuk udara seperti minimarket atau pusat perbelanjaan.

4. Keluar Rumah Lebih Pagi atau Lebih Sore

Keluar rumah lebih pagi dan pulang lebih sore bisa membuatmu terhindar dari sengatan cahaya matahari yang terlalu terik. Cara ini bisa membuatmu terhindar dari udara yang terlalu panas terutama di siang hari.

3 dari 4 halaman

Gunakan Baju Tipis dan Hindari Kipas Angi ketika Cuaca Terlalu Panas

tipis dan hindari kipas angi ketika cuaca terlalu panas

5. Gunakan Baju Tipis

Pakaian yang longgar dengan bahan yang tipis dan berwarna terang bisa sangat membantu dalam menghalau rasa panas akibat cuaca ini. Pastikan menggunakan pakaian berbahan katun atau linen karena bahan tersebut bisa sangat nyaman dan sejuk digunakan kala cuaca panas.

6. Hindari kipas Angin ketika Hawa Terlalu Panas

Pada saat kamu berada di dalam ruangan terutama di kala cuata terlalu panas, hindari menggunakan kipas angin sebagai penyejuk udara. Pada ruang terttutup dan panas, kipas angin hanya akan menghantarkan hawa panas yang malah membuatmu semakin gerah.

4 dari 4 halaman

7. Kenali Gejala dari Penyakit yang Disebabkan Udara Panas

Toleransi masing-masing orang terhadap udara panas bisa berbeda satu sama lain. Walau begitu, pada batas tertentu, udara panas bisa menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan.

Masalah akibat kepanasan ini bisa diawali dari keringat berlebih, rasa lelah, dan bahkan munculnya masalah pencernaan. Beristirahat ke tempat yang dingin dan sejuk serta cukup minum bisa membantu mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya masalah akibat hawa panas yang muncul. Ketika muncul masalah kesehatan akibat hawa panas ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Cara Utama Pencegahan Penyebaran Infeksi pada Anak
Merasa Mual? Coba Konsumsi Makanan Berikut Ini Untuk Meredakan Rasa Mual
30 Menit setelah Makan Merupakan Waktu Tepat untuk Menyikat Gigi
Usai Lebaran, Waspadai Munculnya 5 Kondisi Kesehatan Ini
Pengaruh Memasak Menggunakan Microwave Terhadap Kualitas Makanan
6 Cara Alami Ini Dapat Dilakukan Untuk Menyeimbangkan Hormon

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami