7 Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan pada Area Vital Pria

SEHAT | 20 Oktober 2019 00:44 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Sama seperti pada area vital wanita, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesegaran pada area vital pria. Sayangnya, pada pria tidak ada produk kebersihan yang bisa membersihkan area vital ini secara mudah.

Ketika menjaga kebersihan dan kesehatan, area vital pria sering dikesampingkan dan dianggap enteng. Biasanya kamu tidak menjaga kebersihan area tersebut dengan sungguh-sungguh.

Kebersihan area vital kejantanan pria yang tepat bisa menimbulkan banyak manfaat pada dirimu. Hal ini bisa membuatmu lebih nyaman dalam beraktivitas dan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

"Bagian bawah merupakan bagian tubuh yang hangat, lembap, dan gelap, sehingga bisa jadi tempat tumbuhnya bakteri," terang John Zampella, MD, asisten profesor dermatologi di NYU Langone’s Tisch Center.

"Keberadaan bakteri pada area ini dapat berujung bau tak sedap, infeksi kulit, serta kulit pecah-pecah," sambungnya.

Mengingat berbagai dampak negatif yang dapat muncul dari kebiasaan kurang bersih pada area vital ini, maka sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah cara menjaga kebersihan dan kesehatan area vital pria.

1 dari 7 halaman

Cuci Setiap Hari

Ketika kamu mandi, kamu bakal mencucinya setiap hari dan usahakan menyabuni serta menggosoknya dengan tepat. Usahakan juga untuk mencucinya di malam hari sebelum tidur untuk mengilangkan munyak berlebih dan debu yang menempel. Ketika kamu lupa melakukannya, ma bakal tumbuh bakteri, munculnya bau tak sedap, serta terjadinya infeksi.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Sabun yang Kamu Gunakan

Kulit di sekitar area vital biasanya lebih tipis dan lembut sehingga sangat rentan terhadap iritasi. Diasankan kamu menggunakan sabun yang terlalu keras serta tidak menggunakan pewangi karena hal ini bisa berdampak munculnya iritasi pada area sensitif.

3 dari 7 halaman

Pastikan untuk Menjaga Area Vital Tetap Kering

Usai membersihkannya, pastikan agar kamu mengelapnya hingga bernar-benar kering. Ketika belum kering sepenuhnya, bisa terjadi kondisi lembap yang bakal menjadi tempat nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak.

4 dari 7 halaman

Gunakan Bedak untuk Menjaga Tetap Kering

Salah satu cara untuk memastikan bagian vital pria tetap kering adalah menggunakan bedak tabur. Hal ini bakal menyerap keringat dan melindungimu dari terjadinya kondisi keringat berlebih sehingga kesehatan area vital tetap terjaga.

5 dari 7 halaman

Gunakan Celana Dalam yang Tepat

Pemilihan celana dalam dengan bahan yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga sirkulasi utara tetap baik. Ketika cuaca panas dan lembap atau saat kamu banyak berkeringat, disarankan pula untuk sering mengganti celana dalam.

6 dari 7 halaman

Pastikan Jangan Terlalu Kering

Walau menjaga kondisi kering pada area vital sangat penting, namun jaga agar jangan sampai terlalu kering. Ketika kondisi yang terjadi pada area vital pria ini terlalu kering mungkin muncul rasa gatal serta sejumlah masalah kesehatan lainnya.

7 dari 7 halaman

Hati-Hati Saat Mencukur

Walau mencukur bisa berdampak baik dengan menurunnya kelembapan, namun juga ada bahaya yang muncul dari kebiasaan ini.

"Bercukur bisa menyebabkan luka yang menimbulkan munculnya darah dan terindeksu. Hal ini juga dapat berujung tumbuhnya rambut serta peradangan pada folikel rambut bernama follikulitis," terang Zampella.

Perhatikan alat bercukur yang kamu gunakan untuk menghindari risiko dan masalah lebih lanjut yang bisa terjadi. Selain itu perhatikan juga produk kesehatan yang kamu gunakan.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu menjaga kebersihan dan kesehatan pada area vital pria. Menjaga kondisinya tetap sehat bisa berdampak pada kesehatan tubuh yang lebih baik secara keseluruhan. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Cara Mengatasi Gejala Serangan Panik Secara Seketika
5 Cara Mudah Agar Kamu Bisa Perbaiki Rutinitas Tidurmu Agar Lebih Baik
Begini 10 Cara Jaga Kesehatan Mata Akibat Penggunaan Gawai
5 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuh Kamu
Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Mulai Check Up Sejak Usia 20-an
4 Cara Mengatasi Nyeri Akibat Infeksi Saluran Kemih yang Bisa Membahayakan Ibu Hamil