7 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Rasa Gatal Tanpa Bintik Merah

SEHAT | 19 Oktober 2019 00:51 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Munculnya rasa gatal pada kulit bisa jadi merupakan sebuah hal yang sangat mengganggu. Kamu bakal terus merasa ingin menggaruk dan menghilangkan rasa gatal itu secepat mungkin dengan berbagai cara.

Salah satu tanda munculnya rasa gatal ini adalah benjolan atau bintik merah di kulit. Munculnya tanda tersebut bisa jadi karena rasa gatal yang munjul akibat gigitan nyamuk.

Namun pada beberapa kasus, rasa gatal ini bisa muncul pada kulit tanpa disertai adanya bintik merah. Terkait kondisi kulit ini, Meghan Feely, MD, pakar kesehatan kulit di Mount Sinai’s Department of Dermatology mengungkap bahwa hal ini cukup rumit.

Munculnya rasa gatal tanpa penanda ini bisa jadi disebabkan berbagai hal bahkan dari kondisi kesehatanmu. Dilansir dari Prevention, berikut sejumlah penyebab yang bisa menimbulkan munculnya rasa gatal tanpa adanya bintik kemerahan.

1 dari 7 halaman

Kulit Kering

"Alasan utama mengapa seseorang merasa gatal adalah kulit kering," jelas Alix J. Charles, MD, pakar kesehatan kulit.

Kondisi kulit mengering ini bisa menimbulkan gatal bahkan kondisi pecah-pecah. Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini seperti sinar matahari, udara kering, kelembapan yang menurun, penggunaan sabun secara berlebihan, paparan klorin di air, serta penuaan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan pelembap secara rutin pada kulitmu.

2 dari 7 halaman

Gigitan Serangga

Walau gigitan nyamuk biasanya memunculkan bintik merah, namun pada serangga lain bintik ini bisa tidak muncul. Beberapa hewan seperti kutu bisa menimbulkan rasa gatal di kulit tanpa adanya bercak merak. Ketika kamu mengalami masalah ini, kamu bisa menggunakan losion atau krim antiseptik untuk mengatasinya.

3 dari 7 halaman

Efek Samping Obat Tertentu

Beberapa obat tertentu bisa memicu rasa gatal tanpa munculnya bintik merah sebagai efek samping. Beberapa obat yang bisa menyebabkan masalah ini adalah obat penenang, obat darah tinggi, serta sejumlah pengobatan kanker.

4 dari 7 halaman

Kesehatan Mental Menurun

Kesehatan mental yang kamu miliki juga bisa berdampak pada kesehatan kulit termasuk munculnya rasa gatal. Berdasar sebuah penelitian, pasien yang mengalami stres, kecemasan, serta depresi kerap mengalami rasa gatal tanpa munculnya bintik kemerahan atau ruam ini.

5 dari 7 halaman

Fluktuasi Hormon

Perubahan tubuh serta fluktuasi hormon bisa berdampak pada kulit dan membuatnya menjadi lebih kering dan sensitif. Menurunnya tingkat estrogen selama menopause bisa membuat kulit menjadi tipis dan mengering sehingga menimbulkan dampak berupa rasa gatal tanpa bintik kemerahan.

6 dari 7 halaman

Hamil

Ketika hamil kadang kulit juga bisa menjadi kering tanpa adanya tada kemerahan. Walau begitu, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah hati pada ibu yang tengah mengandung ketika rasa gatal yang muncul sudah sangat parah dan tak tertahankan.

Rasa gatal ini biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Umunya rasa gatal terpusat pada telapak tangan dan kaki namun juga bisa menyebar ke tubuh.

7 dari 7 halaman

Masalah Saraf dan Kesehatan Lainnya

Walau tidak cukup umum, bintik kemerahan bisa jadi tanda masalah pada sistem saraf tubuh. Berbagai masalah kesehatan lain yang serius seperti stroke, diabetes, hati, ginjal, atau lainnya bisa jadi penyebab rasa gatal ini.

Ketika kamu tidak yakin penyebab munculnya gatal ini dan sudah terjadi dalam waktu lama sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Semakin cepat mengetahui penyebab dan mengatasinya maka semakin baik bagimu. (mdk/RWP)

Baca juga:
6 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah
Hindari 5 Makanan ini Agar Wajah Selamat dari Jerawat
Sejumlah Penyakit yang Mengintai dari dalam Kolam Renang
Waspadai Gejala Penyakit Kulit Kronis yang Bisa Dialami oleh Orang Dewasa
Tongkol Jagung Diketahui Bisa Jadi Bahan yang Tepat untuk Tabir Surya