7 Hal yang Bisa Mempengaruhi Ukuran Payudara Wanita

SEHAT | 15 November 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ukuran payudara wanita merupakan suatu hal yang biasa menjadi perhatian bagi banyak orang. Banyak wanita kerap merasa mereka memiliki payudara yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Perasaan tentang ukuran payudara yang tidak tepat ini kerap membuat wanita merasa kurang percaya diri dengan diri mereka. Masalah penampilan yang mereka miliki ini bisa berdampak pada berbagai hal.

Seiring waktu dan perkembangan, payudara wanita bisa mengalami perubahan ukuran. Tak hanya itu, bentuk payudara wanita ini juga bisa berubah seiring waktu.

Secara garis besar, terdapat sejumlah hal yang bisa mempengaruhi ukuran payudara yang dimiliki oleh wanita. Dilansir dari Self, berikut sejumlah hal yang bisa mempengaruhi ukuran payudara wanita.

1 dari 7 halaman

Sejarah Keluarga

Genetik mempengaruhi sejumlah hal pada tubuh seseorang termasuk ukuran payudara. Walau tidak mutlak, ukuran payudara ini bisa menurun dari orangtua pada anak atau keturunannya.

"Ukuran payudara wanita sering mengikuti sejak lahir, namun hal ini bisa berubah seiring usia," terang Nazanin Khakpour, pakar bedah onkologis di Moffitt Cancer Center.

2 dari 7 halaman

Berat Badan

Payudara merupakan bagian kompleks anatomi tubuh yang berisi saraf penghubung, kelenjar payudara, serta jaringan lemak. Ketika payudara memiliki konsentrasi jaringan lemak lebih banyak, maka kamu lebih rentan mengalami perubahan ukuran payudara ketika berat badan naik atau turun. Hanya saja perubahan ini hanya bakal tampak ketika perubahan berat badan terjadi secara drastis.

3 dari 7 halaman

Rutinitas Olahraga

Jenis olahraga yang kamu lakukan juga bisa berdampak pada ukuran payudara. Ketika kamu terbiasa melakukan olahraga angkat beban, payudara bisa mengalami perubahan lebih membusung karena otot yang lebih membesar. Hanya saja hal ini tidak bisa membuat payudara benar-benar lebih besar hanya saja secara penampakkan bakal lebih besar.

4 dari 7 halaman

Menstruasi

Siklus menstruasi bisa menyebabkan perubahan ukuran, tekstur, serta bentuk payudara. Ketika tengah menstruasi, payudara bisa terasa lebih lunak dan membengkak. Namun hal ini bakal kembali seperti sebelumnya ketika menstruasi berakhir.

5 dari 7 halaman

Kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang kamu gunakan ternyata bisa memiliki dampak pada ukuran payudara. Pasalnya, estrogen dan progesteron pada kontrasepsi bisa menyebabkan terjadinya edema atau retensi air dan berdampak pada payudara.

6 dari 7 halaman

Kehamilan dan Pascamelahirkan

Membesarnya payudara ketika hamil terjadi karena perubahan hormon yang terjadi seperti meningkatnya progesteron. Walau payudara memiliki kelenjar susu, progesteron membantu tubuh memproduksi lebih banyak saluran dan lobulus yang memproduksi susu.

Usai melahirkan, payudara bisa tetap membesar usai melahirkan terutama saat menyusui. Tiga atau enam bulan usai menyusui, payudara biasanya bakal kembali normal seperti sebelumnya.

7 dari 7 halaman

Usia

Seiring bertambahnya usia, ukuran payudara biasanya juga bakal berubah. Terjadinya perubahan hormon pada diri seseorang bisa menyebabkan munculnya perubahan payudara seiring usia.

Walau begitu, ketika perubahan payudara yang kamu alami ini terjadi secara mendadak, maka sebaiknya segera periksakan. Hal ini bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu ditangani secara serius.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab perubahan yang dialami oleh wanita. Perhatikan sejumlah hal tersebut dan waspada ketika perubahan yang terjadi secara mendadak. (mdk/RWP)

Baca juga:
6 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Payudara Mengendur pada Wanita
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Wanita Ketika Memiliki Payudara Terlalu Besar
Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?