7 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Memar di Tubuh Secara Tiba-Tiba
SEHAT | 11 Februari 2019 00:28 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada beberapa orang, kadang tanpa dia sadari tiba-tiba muncul memar di bagian tubuh tertentu tanpa sebab yang jelas. Hal ini terutama terjadi pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Memar dengan warna merah dan keunguan ini kadang muncul tiba-tiba dan bahkan tanpa diiringi rasa sakit. Dilansir dari Boldsky, berikut tujuh penyebab munculnya memar secara tiba-tiba pada tubuh kamu.

Diabetes

Saat kamu mendapati ada bercak atau memar di kulit pada area tertentu, bisa jadi itu indikasi dari gejala awal diabetes. Hal ini terjadi karena adanya pendarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah. Sehingga mudah sekali terjadi memar.

Olahraga

Alasan lain dari munculnya memar adalah olahraga terutama yang terlalu berat. Pasalnya, olahraga akan menempatkan banyak tegangan di otot yang kemudian menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan memar.

Penuaan

Saat menua, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Hal ini membuat seseorang jadi mudah mengalami memar terutama ketika usia sudah di atas 60 tahun.

Gangguan darah

Gangguan darah seperti hemofilia pun bisa membuat kamu mendapat memar dengan sangat mudah. Bahkan kontak fisik yang ringan bisa menyebabkan memar. Dalam beberapa kasus, memar karena gangguan darah ini juga bisa berujung pada indikasi gejala kanker darah.

Konsumsi obat

mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu ternyata juga bisa menyebabkan kulit jadi memar. Beberapa jenis obat yang bisa membuat kamu memar adalah aspirin, kontrasepsi, serta steroid.

Purpura Dermatosis

Purpura dermatosis merupakan kondisi kulit yang menyebabkan darah keluar dari kapiler kecil sehingga membuat memar keunguan akan muncul. Pada kasus yang cukup parah, kondisi kulit ini juga bisa menimbulkan rasa gatal. Salah satu cara sederhana agar kamu terhindar dari gangguan ini adalah dengan mengoleskan krim tabir surya setiap kali akan beraktivitas ke luar ruangan.

Kekurangan vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan pembuluh darah kecil kamu pecah sehingga memunculkan memar.

Tujuh hal tersebut merupakan penyebab munculnya memar secara tiba-tiba di kulitmu. Ketika berikutnya memar ini muncul kembali padamu, kenali hal apa yang menyebabkan timbulnya memar tersebut untuk menentukan cara mengobatinya.

Baca juga:
Jadi Jomlo Bisa Buat Pria Miliki Bau Badan Lebih Tajam
Stres Dapat Menjadi Salah Satu Faktor Penyebab Munculnya Demensia di Kemudian hari
Waktu Terbaik Bagi Kita Untuk Mengonsumsi Vitamin Tambahan
Benarkah Bersin Bisa Buat Jantung Berhenti Berdetak dan Membahayakan Nyawa?
Penyebab Munculnya Alergi Serta Jenis Ikan yang Biasa Jadi Biang Keladinya
Sejumlah Mitos Salah Mengenai Kanker yang Terlanjur Beredar di Masyarakat
Ini Penyebab Mengapa Kita Selalu Mengantuk Ketika Sakit

(mdk/RWP)