7 Jenis kanker yang bisa dicegah dengan olahraga

7 Jenis kanker yang bisa dicegah dengan olahraga
SEHAT | 1 Mei 2012 21:30 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Salah satu senjata ampuh untuk mencegah kanker adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Lebih khususnya, ada tujuh jenis kanker yang bisa dicegah dengan olahraga seperti yang dilansir dari My Health News Daily (01/05) berikut ini.

Kanker endometrium
Kanker endometrium terjadi apabila ada jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim, padahal seharusnya jaringan tersebut tumbuh di dalam rahim. Wanita yang melakukan olahraga sebanyak 150 menit atau lebih setiap minggu bisa mengurangi risiko serangan kanker endometrium ini.

Kanker usus besar
Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam British Medical Journal menyebutkan bahwa risiko kanker usus besar bisa dikurangi apabila seseorang rajin berolahraga sebanyak 30 menit atau lebih dalam sehari.

Kanker prostat
Studi lain dalam laporan International Journal of Cancer juga menyatakan para pria yang rajin melakukan olahraga bisa menurunkan risiko kanker prostat dan penyakit lainnya.

Kanker payudara
Wanita dengan sejarah keluarga kanker payudara memiliki kesempatan lebih besar terserang penyakit ini, namun olahraga teratur setiap hari ampuh mengurangi risiko serangan kanker payudara pada wanita dengan sejarah keluarga tersebut.

Kanker paru-paru
Perokok berat bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru apabila mereka rajin berolahraga. Namun alangkah baiknya jika mereka juga menghentikan kebiasaan merokoknya.

Kanker ovarium
Meskipun belum ada penelitian resmi yang menyebutkan bahwa olahraga teratur bisa mencegah kanker ovarium atau leher rahim, namun para ahli medis yakin bahwa aktivitas fisik yang menyehatkan berpengaruh terhadap risiko serangan kanker ovarium pada wanita.

Kanker lambung
Penyakit kanker terakhir yang bisa dicegah dengan olahraga teratur adalah kanker lambung. Hal tersebut telah jelas terbukti dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention.

Selain kanker, sebenarnya berbagai macam penyakit lain juga bisa dicegah dengan olahraga yang teratur. Jadi jangan malas untuk berolahraga ya! (mdk/riz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami