7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi ketika Sarapan

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi ketika Sarapan
SEHAT | 14 Juli 2020 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang paling penting dalam sehari. Dr. Karolina Miskiewicz dari Lodz University of Technology, Polandia menyatakan bahwa sarapan bisa menentukan harimu dengan meningkatkan kewaspadaan serta meningkatkan tingkat konsentrasi.

Melewatkan sarapan merupakan cara yang salah untuk menurunkan berat badan karena kalori masuk ke tubuh pada saat makan siang dan malam.

"Sarapan bisa membantu mempertahankan tingkat insulin secara stabil dan juga menurunkan risiko diabetes dan obesitas. Lebih lanjut, hal ini memberimu energi untuk menjalani hari yang meningkatkan fungsi otak serta kesehaan secara keseluruhan," terang Miskiewicz dilansir dari Medical Daily.

Pilihan sarapan yang tidak tepat bisa membuat seseorang mengalami sejumlah dampak pada hari-harinya. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah jenis makanan yang harus dihindari untuk disantap pada saat sarapan.

1 dari 3 halaman

Karbohidrat yang Dibekukan

Pancake dan waffle yang dibekukan memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi sehingga kamu tidak merasa kenyang karena cepat diserap. Pada jenis makanan ini, penting untuk memperhatikan kuantitas dari whole grains dan serat di dalamnya. Jenis makanan ini biasanya diklaim lebih sehat dari kondisi asilinya sehingga penting untuk pilih-pilih dan memperhatikannya lebih dahulu.

Roti Manis

Sejumlah roti terutama dengan rasa manis sebenarnya hanya terdiri dari gluten dan gula. Makanan ini sebaiknya tidak menjadi sarapan namun sebagai hidangan penutup ketika kamu menginginkan makanan manis.

2 dari 3 halaman

Breakfast Bars

Ketika kamu sangat sibuk, mengonsumsi breakfast bars bisa jadi cara mudah dan cepat untuk dilakukan. Makanan ini diklaim mengandung protein dan serat, namun pada kenyatannya, terdapat banyak gula dan kandungan kimia di dalamnya.

Jus Tinggi Gula

Beberapa jus kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi walau tampak sehat. Sejumlah produk diklaim memiliki kandungan probiotik, sayangnya kandungan gula berlebih di dalamnya memiliki efek sebaliknya.

Yogurt

Yogurt dengan rasa-rasa merupakan salah satu makanan sarapan yang tidak disarankan. Yogurt jenis ini mengandung perasa buatan, gula tambahan, serta kalori di dalamnya.

3 dari 3 halaman

Smoothies dan Milk Shake

Kandungan gula yang terlalu tinggi juga membuat smoothies dan milkshake tidak cocok dikonsumsi pada saat sarapan. Selain karena kandungan gula yang tinggi, makanan ini juga hanya mengandung sedikit nutrisi.

Sereal Tak Sehat

Sejumlah sereal memiliki nutrisi rendah di dalamnya sehingga tidak tepat dan sehat digunakan untuk sarapan. Pada saat mengonsumsi sarapan ini, penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang dicantumkan pada kemasan.

Sejumlah makanan tersebut merupakan pilihan yang tidak tepat untuk sarapan. Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang tepat merupakan hal yang penting bagi sarapan di pagi hari. (mdk/RWP)

Baca juga:
9 Tanda yang Ditunjukkan oleh Tubuh ketika Kamu Kekurangan Sayur
5 Kesalahan saat Minum Air Putih yang Mungkin Dilakukan Seseorang
5 Makanan yang Bisa Membantu Mempercepat Penyembuhan Pneumonia
Menurut Dokter Meta Hanindita, Berikut 4 Cara Tepat Berikan MPASI pada Anak
6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Lada Hitam
Kenali Sejumlah Mitos Kesehatan yang Beredar Terkait Makanan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami