7 Kesalahan di Malam Hari yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut

7 Kesalahan di Malam Hari yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut
SEHAT | 30 Juli 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan idaman bagi banyak orang. Sayangnya banyak dari mereka yang meninginkannya tidak benar-benar berusaha menjaganya secara sungguh-sungguh.

Menjaga kesehatan rambut sesungguhnya lebih dari sekadar menggunakan sampo dan kondisioner belaka. Perawatan rambut in perlu dilakukan secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan rambut ini juga termasuk gaya hidup yang tepat. Salah satu waktu yang sebenarnya sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut namun kerap dikesampingkan adalah pada malam hari.

Pada malam sebelum tidur, sangat penting untuk membersihkan rambut atau melakukan berbagai hal demi menjaga kesehatannya. Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah kesalahan di malam hari yang bisa merusak kesehatan rambut.

1 dari 7 halaman

Tidur dengan Rambut Basah

Ketika sedang basah, rambut berada dalam kondisi paling lemah. Oleh karena itu hindari tidur ketika rambut basah karena bisa menyebabkannya menjadi rusak dan bercabang.

"Gesekan dengan kain pada malam hari ketika rambut basah bisa membuat kutikula menjadi kasar sehingga rambut menjadi kering dan keriting," terang penata rambut Ted Gibson.

2 dari 7 halaman

Mengikat Rambut ketika Tidur

ketika tidur

Ikatan rambut terutama yang tak diubah mulai sebelumnya hingga saat tidur bisa berdampak buruk. Hal ini terutama ketika ikatan rambut tersebut sangat kencang. Jika kamu tidak suka rambut terurai saat tidur, disarankan untuk mengepangnya.

3 dari 7 halaman

Mengikat Rambut dengan Karet

Mengikat rambut terutama dengan karet bisa menyebabkan munculnya masalah pada rambut. Menggunakan karet terutama ketika rambut basah bisa menyebabkan masalah pada rambut yang diikat. Selain itu, pastikan juga jangan menggunakan tali rambut ini di pergelangan tangan.

4 dari 7 halaman

Tidak Menyisir

Menyisir rambut sebelum tidur bisa memiliki manfaat kesehatan. Pasalnya, kulit kepala memproduksi minyak alami yang bisa jadi menyebar merata ketika rambut disisir. Selain itu, menyisir rambut bisa memiliki manfaat menenangkan yang bisa membuatmu lebih mudah terlelap.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Sarung Bantal Katun

Sutra lebih lembut dari katun sehingga bisa lebih baik pada rambut ketika kamu tidur. Gesekan antara rambut dengan sarung bantal merupakan hal yang tidak bisa dihindari setiap hari sehingga pemilihan bahan yang tepat jadi sangat penting.

6 dari 7 halaman

Tidak Melembapkan Rambut

rambut

Jika kamu menggunakan sampo di pagi hari, malam hari merupakan waktu bagimu untuk merawat rambut sebelum tidur. Kamu bisa menggunakan kondisioner atau minyak kelapa sebelum tidur untuk mendapat manfaat luar biasa di pagi harinya.

7 dari 7 halaman

Masih Menggunakan Hairspray saat Tidur

Ketika kamu menggunakan banyak hairspray, rambut bisa menjadi kering. Jika hal ini tidak dibersihkan pada malam hari sebelum tidur, maka bisa muncul dampak buruk pada rambut.

Walau begitu, jangan mandi juga sebelum tidur karena rambut basah juga bisa berbahaya. Untuk menghilangkan hairspray ini, disarankan untuk menggunakan sedikit kondisioner saja.

Sejumlah kesalahan tersebut kerap dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Karena menjaga kesehatan rambut merupakan hal yang penting untuk dilakukan, sebaiknya hal ini perlu kamu perhatikan dengan sungguh-sungguh. (mdk/RWP)

Baca juga:
Orangtua Perlu Jadi Sahabat Anak di Masa Membentuk Identitas Diri
7 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan Terkait Penggunaan Masker
Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Melakukan Olahraga di Luar Ruangan
Ketahui Sejumlah Dampak Positif dan Negatif dari Sejumlah Posisi Tidur
Sering Tak Disadari, Ini Bahaya Polusi Suara bagi Kesehatan
5 Tren Diet Sehat yang Sebaiknya Tidak Kamu Terapkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami