7 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Paling Umum Dilakukan

SEHAT | 21 Mei 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika hidung mimisan atau tangan tersulut api, terhadap beberapa kebiasaan yang kita lakukan sebagai pertolongan pertama. Beberapa hal ini sudah diajarkan pada kita sejak usia kecil dan biasa dilakukan sehari-hari.

Sejumlah cara yang kita lakukan ini ternyata bukannya efektif namun malah membuat luka atau kondisi yang kita alami tak kunjung sembuh. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah kesalahan pertolongan pertama yang paling sering kita lakukan.

1 dari 7 halaman

1. Mengangkat Hidung tinggi-Tinggi Saat Mimisan

Salah satu hal yang biasa kita lakukan ketika sedang mimisan adalah mengangkat hidung ke atas dan dalam posisi tinggi. Hal ini ternyata bisa berbahaya karena dapat membuat darah mengalir ke tenggorokanmu sehingga bisa-bisa kamu malah menelannya.

Hal ini juga sama sekali tidak membantu untuk mengontrol pendarahan. Menelan darah ini dapat menyebabkan iritasi pada perut sehingga kamu mungkin muntah.

Cara Penanganan yang Tepat:

Majukan wajah dan tekan bagian ujung hidung. Sebagian penyebab mimisan adalah karena alergi atau udara kering. Jika terjadi karena hal tersebut, biarkan sementara dan mimisan itu akan sembuh dengan sendiri. Jika Masih belum sembuh juga, segera konsultasi ke dokter.

2. Memberi Es atau Pasta Gigi pada Bekas Luka Bakar

Meletakkan es pada bekas luka bakar merupakan sebuah hal yang harus dihindari. Hal ini bisa menyebabkan kamu mengalami frostbite dan bahkan melukai kulit. Selain es batu, mentega serta pasta gigi juga sebaiknya dihindari ketika tengah mengalami luka bakar.

Cara Penanganan yang Tepat:

Aliri luka bakar dengan air dingin mengalir selama beberapa menit. Setelah itu seka secara lembut dengan kain kering.

3. Mengangkat atau Memindah Korban Kecelakaan

Ketika melihat seorang korban kecelakaan, secara naluri kita akan langsung memindahkan dia. Namun hal ini ternyata bisa berbahaya dan menyebabkan luka dan cedera yang dimiliki bertambah parah. Hal ini terutama ketika cedera yang terjadi berupa cedera saraf ataupun tulang.

Cara Penanganan yang Tepat:

Segera panggil ambulans untuk memberikan cara penangan yang lebih tepat. Cara ini bisa membantu untuk mencegah terjadinya cedera lebih parah.

4. Mengompres Bagian Keseleo atau Kaki yang Alami masalah Tulang

Rasa panas atau hangat bisa membantu mengurangi dan meredakan rasa sakit. Namun sayangnya hal ini tidak membantu mengobati masalah tulang atau keseleo yang terjadi. Hal ini justru bisa meningkatkan pembengkakan yang terjadi.

Cara Penanganan yang Tepat:

Berikan es pada bagian tulang yang yang bermasalah selama 20 menit. Hancurkan sejumlah es dan bungkus dalam kantung atau pada kain bersih. Letakkan kain tersebut pada kulit dan lakukan secara berulang.

5. Mengusap Debu dari Mata

Partikel kecil dari debu dapat menyebabkan terjadinya iritasi di mata. Namun jangan mengusap mata untuk menghulangkan partikel debu ini karena dapat menyebabkan cedera serius di mata.

Cara Penanganan yang Tepat:

Cuci mata dengan air bersih untuk menghilangkan debu ini.

6. Meludahi Luka

Banyak orang menyebut bahwa air liur atau saliva dapat menghilankan bakteri pada luka. Sayangnya hal ini tak benar dan sebaliknya, air liur malah mengandung banyak bakteri yang bisa memperburuk luka.

Cara Penanganan yang Tepat:

Cuci bagian yang terluka dengan air bersih untuk menghilangkan sebu dan bakteri yang menempel.

7. Memasang Plester pada Luka

Ketika terluka, hal yang biasa kita lakukan adalah memberi cairan antibakteri serta memasang plester selama berhari-hari. Namun membiarkan luka ini dengan begitu saja ternya tak membantu dalam mempercepat proses penyembuhan.

Cara Penanganan yang Tepat:

Bersihkan luka dan berikan cairan antibakteri pada bagian tersebut. Pasang plester jika memang cukup penting atau biarkan saja sembuh dengan udara segar. Jika memang menggunakan plester, pastikan untuk menggantinya dua kali dalam sehari.

Sejumlah kesalahan dalam melakukan pertolongan pertama itu sebaiknya tidak kamu lakukan lagi. Pastikan untuk menggunakan cara yang benar agar sakit atau luka yang kamu miliki cepat sembuh. (mdk/RWP)

Baca juga:
Dermatitis Atopik, Penyakit Gatal Kulit yang Biasanya Terjadi pada Anak
Begini Ciri-Ciri Cacar Monyet atau Monkeypox yang Tengah Diwaspadai Masuk Indonesia
Pria yang Baru Punya Keturunan di Usia Senja Bisa Bahayakan Kesehatan Anak dan Istri
Mencium Wangi-Wangian yang Sedap Bisa Digunakan untuk Membantu Berhenti Merokok
Tak Hanya Menyehatkan, Berpuasa Juga Bisa Buat Seseorang Awet Muda
Begini Tips untuk Sahur dan Buka Sehat bagi Penderita Asam Lambung
5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Ikan Sarden

TOPIK TERKAIT