7 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Ibu dan Anak

7 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Ibu dan Anak
Ilustrasi ibu menyusui. ©iStock
SEHAT | 11 Oktober 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Air susu ibu merupakan makanan yang sangat penting bagi bayi terutama pada usia sangat dini. Pada bayi di bawah usia enam bulan, ASI merupakan sumber pangan utama yang mereka konsumsi.

Walau penting, namun ada kemungkinan bahwa ASI yang diberikan seorang ibu tidak mengalir dengan lancar. Hal ini bisa menjadi masalah bagi bayi yang tengah menyusu.

Untuk melancarkan ASI dan membuat jumlahnya jadi kembali melimpah, terdapat cara yang bisa dilakukan ibu. Salah satunya adalah dengan konsumsi makanan tertentu. Selain itu, sejumlah makanan juga penting dikonsumsi untuk diteruskan kepada buah hati.

Sejumlah makanan bisa berdampak positif bagi produksi ASI yang dimiliki seseorang. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu produksi ASI jadi melimpah dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

2 dari 8 halaman

Produk Whole Grain

Produk whole grain atau olahan biji utuh memiliki kandungan kalsium, serat, dan zat besi di dalamnya. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada makanan ini diketahui bisa membantu ketika menyusui dengan cara menstimulasi hormon menyusui bernama pitocin.

3 dari 8 halaman

Produk Olahan Susu

susu rev1

Bagi seorang ibu menyusui, kandungan kalsium yang mereka konsumsi bakal mengalir langsung kepada sang buah hati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti produk olahan susu.

4 dari 8 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan folat, zat besi, kalsium, dan magnesium yang tinggi. Kandungan ini bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan anak.

5 dari 8 halaman

Ikan

7 makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui untuk kesehatan ibu dan anak

Ikan seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Kandungan ini sangat penting untuk perkembangan bayi serta bagi ibu menyusui.

6 dari 8 halaman

Labu

Labu merupakan makanan yang bermanfaat sangat baik bagi perut. Selain itu, makanan ini juga bisa membantu dalam menyusui serta memenuhi keutuhan cairan tubuh.

7 dari 8 halaman

Bawang Putih

7 makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui untuk kesehatan ibu dan anak

Sebagai sebuah bumbu masak, bawang putih bisa bermanfaat sebagai makanan ibu menyusui. Makanan ini bisa melancarkan pencernaan, meningkatkan produksi ASI, mencegah infeksi, serta membersihkan racun dari tubuh.

8 dari 8 halaman

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan serta biji-bijian termasuk salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Makanan ini memiliki kandungan yang bisa menyehatkan serta melancarkan ASI.

Deretan makanan tersebut merupakan pilihan yang tepat bagi ibu menyusui. Mengingat berbagai manfaatnya, sebaiknya masukkan sejumlah bahan tersebut dalam menu harianmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Cara Mudah Kurangi Asupan Gula, Garam, dan Lemak Menurut Pakar Gizi
Makan Buah dan Sayur serta Berolahraga Bisa Buat Diri Jadi Bahagia
5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Buah Nangka Muda atau Tewel
BPOM Sarankan Agar SKM Tidak Diseduh atau Diminum Langsung
Deretan Makanan yang Cocok Dikonsumsi untuk Memperoleh Tubuh Ideal
Kanker Usus Besar dapat Dihindari dengan Cukup Konsumsi Buah dan Sayur

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami