7 Manfaat Cokelat untuk Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua

SEHAT | 12 November 2019 17:50 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Cokelat menjadi salah satu makanan manis favorit anak-anak. Kaum hawa juga menggemarinya karena mampu meningkatkan mood dan mengembalikan energi. Walau begitu, masih banyak orang tua menganggap cokelat tidak sehat dan tidak tahu apa manfaat cokelat untuk anak.

Cokelat pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu di Mesoamerika. Bahan makanan ini berasal dari biji kokoa yang difermentasi, dikeringkan, lalu dipanggang. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, semakin banyak makanan yang terbuat dari cokelat.

Cokelat juga memiliki beragam jenis, dari jenis cokelat asli yang lebih dominan rasa pahit dibanding manis, dan ada juga bubuk cokelat yang sudah dicampur dengan bahan pemanis. Untuk mendapatkan manfaat cokelat seutuhnya, orang tua bisa memberi anak cokelat asli yang minim pemanis buatan.

Mom Junction mengatakan, memberi cokelat pada si kecil bukanlah hal yang buruk, asalkan tidak berlebihan. Bahkan memiliki manfaat, seperti 7 manfaat cokelat untuk anak berikut ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Tak sedikit orang tua yang masih mengira kalau cokelat akan merusak gigi anak. Padahal cokelat asli yang belum dicampur dengan pemanis buatan, justru memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut anak, lho.

Mampu Mengurangi Plak Gigi

Di dalam cokelat asli, terdapat kandungan antioksidan dan anti peradangan yang mampu membasmi bakteri dan kuman penyebab plak di gigi. Namun, untuk mendapatkan manfaat cokelat ini, orang tua tidak bisa sembarangan memberi anak cokelat dalam jumlah yang banyak dan intensitas tinggi. Kita juga harus memperhatikan kandungan cokelat, apabila membeli dalam bentuk kemasan.

Mencegah Kerusakan Gigi

Plak di gigi yang menumpuk dapat mengakibatkan kerusakan gigi lebih parah. Kerusakan ini bisa dicegah dengan rajin menggosok gigi dan mengonsumsi makanan bernutrisi dan berkalsium seperti cokelat. Tidak hanya mampu mencegah kerusakan gigi, konsumsi cokelat untuk anak juga baik untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

2 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat untuk Jantung Anak

Menjaga Kesehatan Jantung

Cokelat berasal dari biji kokoa yang mengandung senyawa antioksidan tinggi. Bahkan, kandungan antioksidan di dalam biji kokoa sama baiknya dengan kandungan antioksidan pada anggur merah. Antioksidan ini mengandung senyawa flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anak.

Senyawa alami ini juga baik untuk meningkatkan kesensitifan insulin, dan mengontrol tekanan darah. Dengan manfaat cokelat ini, anak akan terhindar dari berbagai penyakit kronis saat sudah dewasa, seperti diabetes dan penyakit jantung lainnya.

Namun, tidak semua cokelat mampu memberikan manfaat kesehatan ini. Dark Chocolate menjadi satu di antara banyaknya jenis cokelat yang memiliki kandungan flavonoid tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung anak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat untuk Energi dan Mood Anak

Meningkatkan Energi Anak

Sudah bukan rahasia lagi kalau cokelat mampu meningkatkan energi dan mood. Manfaat cokelat ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Di dalam cokelat terdapat stimulan yang mirip kafein. Stimulan ini mampu meningkatkan energi tubuh dan membuatnya jadi lebih bertenaga.

Menjaga Mood Anak

Banyak kaum hawa yang mengagungkan cokelat karena mampu meningkatkan mood jadi lebih baik. Ternyata manfaat cokelat ini juga bisa diperoleh anak-anak. Cokelat jenis dark chocolate mengandung zat antidepresan alami bernama serotonin. Zat alami inilah yang berperan untuk memperbaiki mood.

Ketika anak sedang merasa kesal, orang tua bisa memberi anak cokelat dalam jumlah tertentu agar mood anak menjadi lebih baik. Jangan sembarangan memilih jenis cokelat, disarankan untuk memberi dark chocolate dibanding cokelat biasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cokelat untuk Konsentrasi dan Pereda Stres Anak

Meningkatkan Konsentrasi Anak

Dibanding cokelat biasa, dark chocolate memiliki lebih banyak manfaat untuk anak, salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi anak. Kandungan senyawa flavonoid tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung saja, tapi juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak. Walau begitu, orang tua tidak bisa memberi cokelat pada anak secara berlebihan, karena apapun yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh.

Meredakan Stres Anak

Selain kandungan serotonin untuk menjaga mood, di dalam cokelat juga terdapat kandungan tryptophan yang mampu menjaga perasaan agar tetap bahagia dan berpikiran positif. Dengan kondisi yang bahagia, risiko masalah psikologis seperti stres akan menurun. Anak akan terus ceria dan tidak mudah stres.

Bagi orang tua yang masih ragu memberikan cokelat pada anak, bisa memikirkannya kembali. Dengan catatan, tidak memberi anak cokelat sembarangan yang memiliki kandungan pemanis buatan lebih tinggi. Pilihkan cokelat asli atau dark chocolate, dan jangan berlebihan dalam memberi anak cokelat.

Sumber: Mom Junction

(mdk/snw)