7 Pemeriksaan Kesehatan yang Tidak Boleh Kamu Tunda Walau di Masa Pandemi

7 Pemeriksaan Kesehatan yang Tidak Boleh Kamu Tunda Walau di Masa Pandemi
Ilustrasi Periksa ke Dokter. ©2015 Merdeka.com
SEHAT | 18 Oktober 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masa pandemi COVID-19 seperti saat ini telah membuat banyak orang menjadi ragu dan takut untuk memeriksakan kesehatan terutama ke rumah sakit. Padahal, bagi orang tertentu, pemeriksaan keseahtan ini tidak boleh ditunda.

Menunda memeriksakan kesehatan malah bisa berbalik memunculkan dampak buruk. Hal ini bisa memperparah kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang.

Pada masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang, pemeriksaan kesehatan sudah bisa lagi dilakukan. Selama mengikuti protokol kesehatan secara tepat, kita seharusnya tidak ragu lagi ketika harus memeriksakan kesehatan ke rumah sakit.

"Penting bagi kita untuk tidak mengesampingkan pemeriksaan kesehatan rutin," terang Erin Michos, MD, dari Johns Hopkins Medicine.

"Apa yang kita lakukan pada kesehatan di saat ini bakal berdampak lima hingga sepuluh tahun dari sekarang," sambungnya.

Oleh karena itu, pada beberapa kasus, pemeriksaan kesehatan merupakan sebuah hal yang tidak boleh ditunda. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah pemeriksaan kesehatan yang tidak boleh kamu tunda.

2 dari 8 halaman

Pemeriksaan Kanker

rev1

Pemeriksaan dan perawatan kanker merupakan hal yang tidak boleh ditunda dalam kondisi apa pun. Menunda pemeriksaan dan penanganan kanker malah bisa berdampak bahaya dan tak jarang berujung kematian.

Sebagian jenis kanker perlu didiagnosis dengan mengamati sejumlah gejala yang muncul. Ketika seseorang menunda pemeriksaan kanker, masalah ini bisa tidak didiagnosis dan muncul belakangan dalam kondisi lebih buruk.

"Tidak setiap tes medis atau perawatan bisa ditunda, bahkan di masa pandemi," terang Ned Sharpless, MD, direktur dari NCI

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter apakah penanganan dan pemeriksaan kanker tetap perlu dilakukan pada masa pandemi ini. Hal ini bisa membantu mengetahui langkah lebih lanjut dalam penanganan kesehatan.

3 dari 8 halaman

Pemeriksaan Kesehatan Anak

anak rev1

Bahkan pada masa awal pandemi dokter anak sudah menyarankan orangtua terutama dengan anak di bawah dua tahun untuk segera memeriksakan anak mereka. Selain itu, pemberian vaksin pada anak juga disebut sebagai hal yang sebaiknya tidak ditunda.

Alasan lain mengapa orangtua sebaiknya tidak melewatkan pemeriksaan anak mereka adalah karena pentingnya untuk mengetahui perkembangan anak.

"Jika bayi baru lahir tidak tumbuh dengan baik, atau pertumbuhan kepala mereka terlalu cepat dan besar, hal ini bisa jadi tanda adanya masalah," terang dr. Elizabeth Murray, dokter anak di Rochester, New York.

Pemeriksaan anak ini sebaiknya dilakukan secara langsung untuk memastikan kondisi fisik bayi. Bagi bayi yang baru lahir tanpa pemeriksaan selama dua bulan bisa berdampak bahaya bagi kesehatan dan perkembangan mereka.

4 dari 8 halaman

Pemeriksaan Sebelum Kelahiran

kelahiran rev1

Pemeriksaan kandungan terutama sebelum kelahiran merupakan hal yang perlu dilakukan. Pemeriksaan darah serta ultrasonografi (USG) merupakan hal yang tetap harus dijalani oleh ibu hamil.

"Walau social distancing perlu dilakukan untuk menurunkan laju perkembangan COVID-19, namun penting baik karena alasan medis maupun psikologis untuk melakukan perawatan sebelum kelahiran," terang dr. Clara Ward, spesialis kandungan dari UT Physicians dan UTHealth di Houston.

Pada tiap-tiap ibu hamil, kebutuhan dan kondisi untuk melakukan pemeriksaan ini bisa sangat berbeda. Beberapa perlu berkonsultasi dan berjumpa dengan dokter secara rutin, namun lainnya hanya memerlukan beberapa pertemuan saja.

5 dari 8 halaman

Pemeriksaan Kondisi Kronis

kronis rev1

Jika kamu memiliki kondisi kronis seperti diabetes atau penyakit jantung, penting bagimu untuk melakukan pemeriksaan serta perawatan medis secara rutin. Pada sejumlah kondisi, seseorang bisa memeriksa temperatur, tingkat respiratori, tekanan darah, serta detak jantung di rumah secara mandiri.

Walau begitu, pada sejumlah kondisi, dokter perlu untuk memeriksa kondisi pasien secara berkala. Hal ini terutama pada mereka yang memang sudah memiliki masalah kesehatan ini dalam diri mereka.

Pemeriksaan secara berkala ini bisa dilakukan sebulan sekali untuk mengetahui kondisimu serta pengobatan apa yang harus kamu konsumsi. Pemberian resep dari dokter juga bisa sangat menentukan dalam jenis obat-obatan yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi masalahmu.

6 dari 8 halaman

Tes Darah

rev1

Walau sejumlah konsultasi kesehatan bisa dilakukan dengan dokter melalui berbagai cara, namun pemeriksaan darah tetap harus dilakukan di rumah sakit atau laboratorium. Tes darah ini perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatanmu secara tepat.

Pada saat seseorang mengonsumsi obat kolesterol maupun tekanan darah, pemeriksaan lab perlu dilakukan untuk mengetahui apakah fungsi ginjal benar-benar bekerja. Pemeriksaan di lab ini merupakan hal yang tidak boleh kamu hindari pada saat-saat seperti ini.

Ketika melakukan pemeriksaan di laboratorium, kamu sebaiknya mematuhi protokol kesehatan yang ada. Pastikan juga untuk datang tepat waktu dan sudah reservasi sebelumnya agar tidak perlu menunggu terlalu lama di laboratorium.

7 dari 8 halaman

Pemeriksaan Gigi

rev1

Kesehatan gigi memiliki hubungan yang penting dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan masalah kecil seperti gigi retak atau tambalan yang lepas bisa berujung pada masalah besar.

"Jika seseorang memiliki lubang di gigi, makanan dan bakteri bisa masuk ke dalamnya dan mempercepat kerusakan," terang Matthew Messina, DDS, juru bicara dari American Dental Association.

Kerusakan atau karang gigi bisa bertambah buruk dengan cepat terutama ketika bagian dalam gigi seseorang terbuka. Ketika sakit gigi ini sudah terlanjur sakit, berarti masalah yang kamu alami sudah bertambah parah.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sekali setiap enam bulan. Walau begitu, ketika timbul masalah mendadak pada kesehatan mulut, termasuk gigi dan gusi, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan secepatnya.

8 dari 8 halaman

Pemeriksaan ke UGD

ugd rev1

Kondisi kesehatan gawat darurat merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Ketika muncul masalah kesehatan secara mendadak atau kamu baru saja mengalami kecelakaan, jangan ragu untuk segera ke ruang gawat darurat.

Pada kondisi kesehatan yang mendadak, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi kesehatan dan memeriksakan diri. Pada kondisi seperti ini, ruang gawat darurat merupakan tempat paling aman untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut.

Pemeriksaan kondisi gawat darurat secepat mungkin juga bisa membantu mengatasi munculnya masalah kesehatan lebih lanjut. Hal ini sangat penting untuk mnencegah munculnya masalah di kemudian hari. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pengidap Diabetes Bisa Lakukan Isoman di Rumah, Asal Perhatikan Sejumlah Hal Ini
Pandemi Diprediksi Masih Lama, Produksi Vaksin Dalam Negeri Dianggap Perlu
Walau Masih Masa Pandemi COVID-19, Penting untuk Tetap Periksa Kesehatan Gigi
Penyintas COVID-19 Perlu Pastikan Tubuh dalam Kondisi Prima Sebelum Divaksinasi
Kisah Inspiratif Napi Penyintas Covid-19 Di Lapas Perempuan
Pengertian 4 Warna Indikator di Aplikasi PeduliLindungi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami