7 Tanda ketika kandung kemihmu terserang kanker

SEHAT | 1 September 2016 09:35 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Kanker adalah penyakit yang tidak pandang bulu ketika menyerang tubuh manusia. Siapapun bisa terkena kanker di anggota tubuh mana pun. Mulai dari yang umum seperti kanker paru-paru, kanker kulit, atau kanker mulut hingga yang tidak lazim seperti kandung kemih.

Karena letaknya di dalam, tentu saja akan sangat sulit bagimu untuk mendeteksi keberadaan sel kanker di kandung kemih. Namun, kamu ternyata bisa mendeteksinya lewat tanda berikut ini.

Munculnya gumpalan darah

Gejala dari kanker kandung kemih meliputi pembekuan darah di dalam urin yang kemudian menjadi bergumpal. Dan hal ini terasa sangat sakit sekali terutama ketika kamu sedang kencing.

Sensasi terbakar saat kencing

Selain karena infeksi saluran kencing, munculnya sensasi panas terbakar saat kencing juga bisa menjadi tanda awal dari penyakit kanker kandung kemih.

Berkurangnya jumlah urin

Jika kamu merasa seperti ingin buang air kecil secara sering namun hanya berakhir beberapa tetes maka itu bisa berarti kamu terserang kanker kandung kemih.

Sering kencing

Selain berkurangnya jumlah urin, kanker kandung kemih juga akan membuat penderitanya merasa ingin selalu ingin kencing.

Urin berwarna gelap

Tanda lainnya dari kanker kandung kemih adalah urin yang berwarna lebih gelap dari biasanya.

Rasa nyeri saat bercinta

Selain menimbulkan rasa nyeri di kandung kemih, kamu juga akan mengalami rasa nyeri saat penetrasi.

kaki bengkak

Terakhir, tanda lain dari kanker kandung kemih adalah bengkak di kaki dan nyeri punggung. Hal ini terjadi karena kesehatan ginjal terpengaruh dan menyebabkan retensi air dalam tubuh. (mdk/feb)

ISK bikin nyeri? Ini 4 cara untuk hilangkan nyerinya

7 Kiat sederhana atasi anyang-anyangan yang mengganggu

3 Alasan utama kenapa kamu sering kebelet pipis

Yuk, deteksi kesehatan dengan mencium aroma urin!

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.