8 Buah dan Sayur yang Memiliki Kandungan Vitamin C Tidak Kalah dari Jeruk

SEHAT | 22 Januari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Jeruk selalu jadi buah yang identik dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga identik dengan kandungan nutrisi tersebut.

Vitamin C memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tidak bisa diremehkan pada tubuh. Oleh karena itu penting untuk tetap mengonsumsi buah ini secara rutin.

Banyak orang yang mengandalkan asupan vitamin C mereka dari konsumsi buah jeruk. Namun ternyata banyak buah dan sayur lain yang memiliki kandungan nutrisi ini dan tidak kalah dari jeruk.

Terdapat sejumlah buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dilansir dari healthmeup, berikut sejumlah buah dan sayur dengan dosis tinggi vitamin C.

1 dari 8 halaman

Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang umum dan mudah ditemui di Indonesia. Satu cangkir jus jambu biji mengandung 377 mg vitamin C yang merupakan empat kali jumlah asupan vitamin C yang disarankan untuk pria dan lima kali jumlah vitamin C yang disarankan dikonsumsi oleh wanita.

2 dari 8 halaman

Paprika Kuning

Banyak orang yang tak menyadari bahwa paprika memiliki kandungan vitamin C yang sangat tingi. Hal ini terutama pada paprika kuning yang mengandung 155 mg vitamin C.

3 dari 8 halaman

Paprika Merah

Sama seperti paprika kuning, paprika merah juga tinggi kandungan vitamin C. Secangkir paprika merah mengandung 190 mg vitamin C yang berarti lebih tinggi dibanding paprika kuning.

4 dari 8 halaman

Pepaya

Pepaya mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain serat, kandungan vitamin C di dalam pepaya juga cukup tinggi. Sekitar setengah dari buah pepaya yang berukuran besar mengandung 238 mg vitamin C.

5 dari 8 halaman

Kiwi

Satu cangkir buah eksotis ini mengandung 167 mg vitamin C. Kiwi juga kaya dengan kandungan serat, kalium, magnesium, seng, folat dan vitamin K.

6 dari 8 halaman

Mangga

Satu buah mangga mengandung 122 mg vitamin C. Buah menyegarkan ini juga kaya dengan serat dan vitamin A serta memiliki rasa yang sangat lezat untuk dikonsumsi.

7 dari 8 halaman

Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan lebih tinggi dibanding jeruk. Nanas mengandung sekitar 80 mg vitamin C serta bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.

8 dari 8 halaman

Stroberi

Siapa sangka bahwa stroberi kandungan vitamin C yang setara dengan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Stroberi juga kaya dengan anthocyanin, zat yang dapat membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Dalam seharim pria disarankan mengonsumsi 90 mg vitamin C dan wanita 70 mg. Mengingat pentingnya peran nutrisi ini bagi kesehatan dan kekebalan tubuh, sebaiknya kamu konsumsi buah yang sarat vitamin ini secara rutin. (mdk/RWP)

Baca juga:
Resep Dasar Overnight Oats, Makanan Sehat untuk Sarapan Penuh Gizi
Konsumsi Makanan yang Tepat Bisa Jadi Cara Turunkan Risiko Kanker
Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Jeroan juga Bisa Beri Manfaat Kesehatan
Tekstur Bisa Sangat Menentukan Persepsi Sebuah Makanan Sehat atau Tidak
Kurangi Protein Hewani untuk Cegah Resistensi Insulin Tak Berarti Setop Makan Ikan
6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.