8 Cara Alami untuk Mengatasi Menstruasi yang Tak Teratur

8 Cara Alami untuk Mengatasi Menstruasi yang Tak Teratur
SEHAT | 4 Juni 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Siklus mentstruasi wanita merupakan siklus bulanan yang normalnya terjadi dalam 28 hari. Namun hal ini juga bisa berbeda-beda bagi tiap wanita dari satu bulan ke bulan lain.

Siklus menstruasi wanita tergolong normal jika masih dalam kisaran 24 hingga 38 hari. Ketika jeda antara menstruasi berubah-ubah maju mundur, maka menstruasimu bisa dikatakan tak teratur.

Kondisi menstruasi yang tak teratur ini bisa sangat berpengaruh ketika kamu mencoba untuk hamil. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk diatasi.

Sejumlah cara baik secara alami atau dengan pengobatan bisa membantu mengatasi menstruasi yang tak teratur ini. Dilansir dari Healthline, berikut deretan cara alami untuk membuat menstruasi menjadi teratur.

1 dari 8 halaman

Melakukan Yoga

Yoga diketahui bisa menjadi cara penanganan yang efektif untuk sejumlah masalah menstruasi. Penelitian pada tahun 2013 menyatakan bahwa yoga selama 35 hingga 40 menit, 5 hari seminggu selama 6 bulan bisa menurunkan tingkat hormon yang berhubugan dengan menstruasi tak teratur.

Yoga juga diketahui bisa menurunkan rasa sakit akibat menstruasi dan gejala emosi seperti kecemasan serta depresi. Hal ini juga diketahui mampu meningkatkan kualitas hidup wanita.

2 dari 8 halaman

Menjaga Berat Badan Sehat

badan sehat

Perubahan berat badan bisa berpengaruh pada siklus menstruasi. Pada seseorang yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk membuat menstruasi jadi teratur.

Walau begitu, jangan menurunkan berat badan secara drastis karena hal ini justru bisa membuatmu mengalami menstruasi yang tak teratur. Menjaga berat badan tetap ideal merupakan cara tepat untuk membuat menstruasi jadi teratur.

3 dari 8 halaman

Berolahraga Secara Rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu dalam menstruasi. Cara ini bisa membantu dalam memperoleh berat badan sehat dan juga bisa mengobati PCOS yang menjadi salah satu penyebab menstruasi tak teratur.

Menjaga berat badan dengan olahraga ini juga bisa mengatur siklus menstruasi. Selain itu, hal ini juga bisa menurunkan rasa sakit sebelum dan ketika menstruasi.

4 dari 8 halaman

Konsumsi Jahe

Jahe bisa jadi salah satu pengobatan rumah untuk mengatasi menstruasi tak teratur. Sebuah penelitian mengungkap konsumsi jahe bubuk pada tiga atau empat hari awal menstruasi bisa membantu mengatasi rasa sakit.

5 dari 8 halaman

Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis diektahui memiliki manfaat terhadap sejumlah masalah menstruasi. Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengungkap bahwa kayu manis bisa membantu mengatur siklus mentruasi dan mengatasi PCOS. Kayu manis juga diketahui dapat menurunkan sakit dan pendarahan akibat menstruasi secara signifikan.

6 dari 8 halaman

Konsumsi Vitamin Secara Rutin

secara rutin

Konsumsi vitamin secara rutin terutama vitamin B dan D bisa membantu menjaga menstruasi tetap teratur. Ketika kandungan vitamin D pada diri seseorang rendah, maka risiko menstruasi yang tak teratur jadi meningkat. Sementara itu, vitamin B diketahui bisa menurunkan risiko PMS dan membuat siklus menstruasi menjadi rutin.

7 dari 8 halaman

Konsumsi Cuka Apel Setiap Hari

Hasil penelitian tahun 2013 mengungkap bahwa konsumsi cuka apel setiap hari bisa membantu mengembalikan siklus menstruasi pada wanita dengan PCOS. Cuka apel ini juga bisa membantumu menurunkan berat badan, kadar gula, serta tingkat insulin dalam diri.

8 dari 8 halaman

Konsumsi Nanas

Nanas merupakan salah satu pengobatan populer untuk masalah menstruasi. Buah ini mengandung bromelain, ensim yang bisa melunakkan uterus dan mengatur menstruasi. Bromelain juga memiliki kandungan anti-peradangan dan pereda rasa sakit yang mungkin bisa mengatasi nyeri menstruasi.

Deretan cara tersebut bisa membantu untuk memperoleh siklus menstruasi yang teratur. Jika siklus menstruasi tak juga teratur setelah beberapa waktu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai
Kejantanan Terasa Panas Saat Bercinta, Ini Mungkin Penyebabnya
Malapetaka di Balik Segitiga yang Terjadi Ketika Pria Salah Pilih Celana Dalam
Kenali Cara Tepat yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan
Cara Mudah Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Sambil Jaga Lingkungan
Begini Kondisi Ideal bagi Sperma untuk Membuahi Sel Telur

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5