8 Cara Atasi Flu di Musim Pancaroba, Alami dan Ampuh Untuk Kesehatan

SEHAT | 14 November 2019 15:11 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Cara mengatasi flu sangat Anda butuhkan ketika terjadi perubahan, seperti musim pancaroba. Musim pancaroba adalah sebuah masa peralihan yang terjadi pada dua musim utama di daerah iklim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Perubahan musim pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan biasa terjadi di bulan Oktober hingga Desember. Hal ini menyebabkan tubuh Anda melakukan penyesuaian terhadap perubahan musim.

Penyesuaian tubuh tersebut ditandai dengan berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda. Misalnya seperti, demam, batuk, flu, sangat berpotensi besar menyerang tubuh di musim pancaroba.

Flu merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat saat musim pancaroba terjadi. Flu atau influensa merupakan terjadinya infeksi pada alat pernapasan, antara lain hidung, paru-paru dan tenggorokan. Penyakit flu ini dapat menular dari satu orang ke orang yang lain. Penularan terjadi melalui beberapa cara seperti berbagi makanan, minuman, bersin, dan batuk.

Akan tetapi jangan khawatir, karena flu dapat disembuhkan dengan cara yang sehat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang mengandung senyawa kimia di dalamnya. Dengan begitu, cara alami sangat aman di praktikan.

Berikut 8 cara mengatasi flu di musim pancaroba yang alami untuk kesehatan:

1 dari 7 halaman

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih dapat memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda ketika sedang terserang flu atau pilek. Dengan banyak minum air putih akan membantu mengencerkan dahak, atau ingus, sehingga tidak menyumbat hidung Anda. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol, karena akan membuat tubuh melakukan pembuangan air secara berlebih.

2 dari 7 halaman

Mengonsumsi Sup Hangat

Bagi Anda yang sedang flu atau pilek, sup hangat bisa jadi referensi cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mencatat, makan sup hangat ketika terserang flu dapat membuat hidung menjadi lega, karena sup membantu mencairkan lendir yang menyumbat hidung.

Seseorang yang terkena flu, biasanya akan terjadi pembengkakan pada saluran pernapasannya. Namun, dengan menghirup kuah sup hangat dapat mengurangi bengkaknya saluran pernapasan akibat virus.

3 dari 7 halaman

Perbanyak Istirahat

Flu yang menyerang seseorang dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bagi penderita flu, sangat disarankan untuk memperbanyak waktu istirahat. Dengan banyak istirahat akan membuat sistem kekebalan tubuh kembali normal.

4 dari 7 halaman

Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi

Flu atau pilek akan sangat mengganggu aktivitas Anda, termasuk ketika tidur. Tidur menjadi kurang nyaman dan nyenyak saat Anda sedang flu, karena hidung yang tersumbat.

Namun, Anda dapat melakukan cara alami dengan menggunakan bantal tambahan yang empuk ketika tidur, sehingga posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan. Posisi tersebut sangat membantu Anda agar tidak sulit bernapas ketika flu menyerang.

5 dari 7 halaman

Terapi Uap Rempah

Terapi uap rempah juga bisa dijadikan cara dalam mengatasi flu. Terapi uap rempah dapat Anda lakukan dengan mencampurkan air panas dengan jahe, kunyit, atau kayu putih. Caranya, tuangkan semua campuran itu ke dalam baskom, kemudian gunakan handuk sebagai tudung kepala dan dekatan wajah Anda ke baskom. Dengan begitu, flu Anda akan teratasi.

6 dari 7 halaman

Konsumsi Buah atau Sayur Mengandung Vitamin C

Mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung vitamin C akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh, dengan begitu flu Anda akan cepat sembuh. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C antara lain seperti papaya, pisang, jeruk, tomat, ubi jalar, brokoli dan bayam.

Mandi Air Hangat

Ketika Anda flu, gunakanlah air hangat untuk mandi. Hal ini bertujuan, air hangat akan membantu kondisi tubuh agar tetap hangat. Dinginnya suhu sekitar adalah salah satu penyebab flu menyerang, oleh karena itu kehangatan tubuh sangat diperlukan ketika sedang flu. Usahakan tidak mengonsumsi makanan dan minuman dingin, atau mengandung es.

7 dari 7 halaman

Konsumsi Madu

Madu memiliki banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Hingga saat ini madu dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit yang ada termasuk flu. Bagi Anda yang terserang flu, mengonsumsi madu adalah salah satu cara mengatasi flu. Dengan mengonsumsi madu secara teratur, yaitu tiga kali sehari, makan flu Anda akan cepat sembuh.

Itu tadi 8 cara mengatasi flu di musim pancaroba yang dapat Anda lakukan di rumah, pastinya alami dan ampuh untuk kesehatan Anda.

(mdk/bil)