8 Cara Mengatasi Tangan dan Kaki yang Berkeringat secara Berlebih

8 Cara Mengatasi Tangan dan Kaki yang Berkeringat secara Berlebih
SEHAT | 10 Juli 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berkeringat merupakan suatu hal alami yang dialami oleh tubuh. Hal ini merupakan cara alami tubuh untuk meredakan suhu tubuh yang tengah naik dan kepanasan.

Walau begitu, kondisi tubuh yang berkeringat berlebih ini bisa menjadi masalah. Hal ini termasuk ketika keringat berlebih ini terjadi pada telapak tangan.

Masalah keringat berlebih pada telapak tangan ini tidak hanya menimbulkan gangguan pada rasa percaya diri saja. Hal ini juga bisa membuat kamu kesulitan untuk memindai sidik jari baik di tempat kerja, ponsel, maupun lainnya.

Sejumlah cara sederhana bisa membantu mengatasi masalah keringat berlebih pada tangan dan kaki ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah cara untuk mengatasi tangan dan kaki yang berkeringat berlebihan.

1 dari 4 halaman

Rendam dengan Air Dingin

Merendam tangan dan kaki dengan air dingin selama sekitar 15-20 menit per hari bisa sangat bermanfaat untuk masalah ini. Cara ini membantu dalam menyingkirkan keringat berlebih di sekitar kaki dan telapak tangan, terutama pada saat udara panas.

Minyak Tea Tree

Minyak tea tree dikenal memiliki kandungan antijamur di dalamnya. mencampur 2-3 tetes minyak tea tree dalam air hangat, untuk merendam dan menggosok-gosokannya bisa menyingkirkan keringat berlebih.

2 dari 4 halaman

Tepung Maizena

Tepung maizena bisa menjadi cara untuk mengatasi terjadinya keringat berlebih. Menggosok tangan dengan tepung maizena bisa menjadi cara untuk menyerap kelembapan dari telapak tangan.

Garam dan Air Lemon

Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan mengoleskan sedikit garam yang dicampur air lemon ke telapak tangan atau kaki. Cara ini bisa bermanfaat untuk menyingkirkan keringat berlebih.

3 dari 4 halaman

Minum Jus Wheatgrass

Konsumsi minuman tertentu bisa menjadi cara untuk mengatasi keringat berlebih ini. Jus wheatgrass bisa membantu untuk menetralkan asam tubuh dan mencegah keringat berlebih.

Makan Almond

Kekurangan magnesium bisa menjadi penyebab dari munculnya keringat berlebih di tubuh. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan magnesium sangatlah penting dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kacang almond.

4 dari 4 halaman

Hindari Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan munculnya banyak keringat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi banyak makanan pedas terutama pada saat kondisi sedang panas.

Minum Banyak Air

Minum air sangatlah penting untuk membantu dalam menghidrasi tubuh dengan baik. Menariknya, ketika asupan air di dalam tubuh berada dalam kondisi cukup, keringat berlebih di telapak tangan justru bisa dihindari.

Sejumlah hal tersebut bisa membantu mengatasi keringat berlebih di tangan. Walau begitu, pada sejumlah orang kondisi tangan berkeringat ini memang sudah merupakan bawaan lahir yang sulit untuk dihindari. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Dampak Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Ketombean
Deretan Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Pria
5 Produk Kecantikan yang Tidak Boleh Digunakan dengan Orang Lain Demi Kesehatan
5 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh ketika Tidur Menggunakan Kaus Kaki
5 Bahan Alami yang Bisa Membantu dalam Menyingkirkan Kapalan di Telapak Kaki

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami