8 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama

8 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama
SEHAT | 13 Februari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat kehamilan, sangat penting untuk mengatur dan menyesuaikan pola makan yang kita miliki. Hal ini sangat penting mengingat seorang ibu hamil perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati yang dikandung.

Trimester pertama kehamilan merupakan fase yang sangat penting bagi seorang ibu hamil. Pada masa ini, kamu harus sangat berhati-hati tentang kebutuhan gizi selama bulan-bulan awal kehamilan.

Pada masa ini, kamu sebaiknya membuat ketentuan khusus untuk makanan yang akan dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Sejumlah makanan bisa sangat cocok untuk dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama.

Konsumsi makanan yang tepat bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan buah hati yang dikandung. Dilansir dati Boldsky, berikut sejumlah makanan yang penting dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.

1 dari 8 halaman

Bayam

Bayam memiliki kandungan kalsium dan zat besi dalam jumlah tinggi yang memberikan tubuh ibu hamil dorongan untuk memproduksi lebih banyak darah. Hal ini bisa membantu meningkatkan volume darah yang mengalir ke rahim.

2 dari 8 halaman

Kacang Almond

Almond kaya dengan kandungan vitamin E, asam lemak omega-3 dan protein. Nutrisi ini dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama.

3 dari 8 halaman

Asparagus

Tubuh seseorang tidak dapat memproses kalsium dalam tubuh tanpa adanya vitamin D. Asparagus merupakan sayur yang memiliki kandungan Vitamin D dan bau aromatik yang dapat mengatasi masalah morning sickness.

4 dari 8 halaman

Jeruk

Jeruk memiliki banyak vitamin C yang dapat membangun kekebalan tubuh ibu untuk melawan infeksi. Buah ini juga memiliki kandungan asam folat yang bisa mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat.

5 dari 8 halaman

Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Pada trimester pertama kehamilan, brokoli berfungsi sebagai sumber makanan yang kaya zat besi untuk membentuk sel-sel darah.

6 dari 8 halaman

Telur

Telur memiliki protein, vitamin D dan kalsium, sehingga menjadi makanan yang lengkap untuk wanita hamil. Kamu dapat merebus, menggoreng, atau membuat orak-arik untuk mendapat manfaat dari makanan ini.

7 dari 8 halaman

Salmon

Wanita hamil sebenarnya tidak dianjurkan mengonsumsi makanan laut seperti udang dan kepiting karena dapat menyebabkan alergi. Tetapi, salmon memiliki jumlah tinggi kalsium, asam lemak omega-3 dan vitamin D yang merupakan makanan yang aman untuk wanita hamil pada trimester pertama.

8 dari 8 halaman

Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu kaya kalsium yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Pada ibu hamil trimester pertama, yogurt merupakan minuman yang mudah dicerna dan bisa membantu menenangkan perut.

Bagi ibu hamil di trimester pertama, sejumlah makanan tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan ini agar kesehatan kehamilan terjaga. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Jenis Olahraga yang Bermanfaat untuk Mempersiapkan Tubuh Sebelum Kehamilan
8 Hal yang Harus Dihindari Agar Cepat Hamil
5 Cara Mudah bagi Ibu Hamil untuk Hilangkan Masalah Morning Sickness
Stres pada Ibu Hamil Bisa Buat Anak Lebih Rentan Dermatitis Atopik
Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah Terutama pada Ibu Hamil yang Menderita Anemia
Perhatikan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil yang Mengalami Anemia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami