8 Makanan yang Bisa Membuat Kebiasaan Mendengkur Kamu Semakin Buruk

SEHAT | 12 September 2019 00:34 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mendengkur merupakan salah satu masalah tidur yang biasa dialami oleh banyak orang. Munculnya dengkuran ini biasanya menjadi penyebab gangguan tidur yang terjadi bagi seseorang.

Masalah tidur ini biasanya terjadi karena sejumlah hal. Adanya masalah kesehatan yang terjadi pada seseorang bisa menyebabkan munculnya dengkuran saat tidur.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa sejumlah makanan dan sayur tertentu bisa memperburuk kebiasaanmu mendengkur. Oleh karena itu, terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari jika kamu memiliki kebiasaan mendengkur.

Walau makanan yang dikonsumsi tak menyebabkan kamu mendengkur, namun minuman ini bisa memperburuk kondisi tersebut. Sebagai contoh, sejumlah makanan bisa melonggarkan otot yang kamu miliki. Longgarnya jaringan tenggorokan merupakan penyebab utama mendengkur. Oleh karena itu, terdapat sejumlah makanan yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Selain itu, sejumlah masalah bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi lendir sehingga dengkuran menjadi semakin buruk. Selain itu, kamu sebaiknya juga tidak mengonsumsi alergen dan makanan yang tidak tepat untukmu sebelum tidur.

Untuk menghindari sejumlah masalah tersebut, terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya kamu hindari sebelum tidur. Dilansir dari Snoring Source, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur.

1 dari 8 halaman

Makanan Berbahan Gandum

Makanan berbahan gandum sebaiknya kamu hindari karena bisa menyebabkan masalah mendengkur. Makanan ini bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi lendir sehingga jalur hidungmu tersumbat. Lebih lanjut, hal ini bisa membuat dengkurangnmu lebih kencang dan sering dibanding biasanya.

2 dari 8 halaman

Gula

Gula bisa memperburuk kebiasaanmu mendengkur sama seperti pada makanan berbahan gandum. Kandungan gula bisa meningkatkan produksi alami dahak sehingga menyumbat saluran pernapasanmu.

Lebih lanjut, gula meningkatkan produksi sitokin yang bisa meningkatkan peradangan. Hal ini bisa membuatmu mendengkur lebih kencang dibanding biasanya.

3 dari 8 halaman

Buah-Buahan

Kandungan gula alami pada buah-buahan bisa menimbulkan dampak yang sama seperti pada gula olahan. Keduanya bisa meningkatkan energi yang kamu miliki. Ketika kamu mengonsumsinya sebelum tidur, maka tidurmu tak bakal nyenyak dan bisa menyebabkan dengkuran.

4 dari 8 halaman

Kedelai

Walau memiliki sejumlah manfaat kesehatan, kedelai merupakan makanan yang bisa memperburuk dengkuranmu. Makanan ini bisa menyebabkan peradangan dan dahak di tenggorokan ketika tidur.

5 dari 8 halaman

Daging kaya Lemak

Daging dengan kandungan tinggi lemak seperti bacon atau hamburger bisa menyebabkan peradangan karena kaya kandungan lemak tak jenuh. Lebih jauh, hal ini bisa menyebabkan masalah di tenggorokan dan membuatmu lebih banyak mendengkur dibanding biasanya.

6 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Berbahan Susu

Makanan dan minuman berbahan susu menyebabkan diproduksinya lendir di tenggorokan sehingga menyumbat saluran pernapasan. Bahan makanan ini sangat sulit dicerna untuk sebagian orang. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengonsumsi susu atau keju sebelum tidur.

7 dari 8 halaman

Alkohol

Walau tak meningkatkan produksi dahak, alkohol bisa melonggarkan otot. Hal ini menyebabkan konsumsi alkohol bisa membuatmu mendengkur dan tidurmu terganggu.

8 dari 8 halaman

Kafein

Kafein tidak hanya meningkatkan peradangan di saluran pernapasan namun juga membuatmu terjaga. Konsumsi minuman berbahan kafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi bisa membuatmu mendengkur dan mengalami masalah untuk tidur.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan kamu mengalami masalah berupa mendengkur saat tidur. Untuk menghindari sejumlah masalah tersebut, sebaiknya hindari makanan ini sebelum tidur. (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut
10 Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Mimpi Buruk
Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Jadi Pertanda Adanya Alzheimer
Tingginya Tuntutan Buat Orang Asia Tidur Lebih Singkat Dibanding Orang Lainnya
6 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dari Kebiasaan Tidur Lebih Cepat
3 Kondisi Kesehatan pada Diri Seseorang yang Bisa Sangat Dipengaruhi oleh Bulan