8 Masalah Kesehatan yang Dialami Tubuh Ketika Kamu Mengalami Gagal Ginjal

SEHAT | 13 November 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masing-masing organ di dalam tubuh memiliki fungsi yang tidak bisa dikesampingkan. Berjalannya organ dalam secara tepat bisa membantu menjaga kerja tubuh secara keseluruhan.

Salah satu organ dalam yang memiliki fungsi penting bagi tubuh adalah ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah.

Ginjal juga memiliki tugas untuk mengontrol tekanan darah serta memproduksi sel darah merah dalam tubuhmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dari organ dalam satu ini.

Ketika fungsi ginjal terganggu terutama saat kamu mengalami gagal ginjal, bakal terjadi sejumlah perubahan pada tubuhmu. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah yang bakal kamu alami ketika mengalami gagal ginjal.

1 dari 8 halaman

Anemia

Anemia merupakan gangguan yang akan pasti terjadi ketika kamu mengalami gagal ginjal. Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh akan memiliki lebih sedikit sel darah merah dari biasanya.

Saat ginjalmu terganggu, maka produksi hormon yang disebut dengan Erythropoietin menurun. Padahal hormon ini diperlukan untuk mengatur produksi sel darah merah.

2 dari 8 halaman

Detak Jantung Tak Teratur

Ketika ginjalmu tidak bisa berfungsi atau gagal, maka ginjalmu tidak mampu melepaskan bahan kimia seperti kalium, asam, dan fosfat. Sejumlah hal tersebut berfungsi untuk mengatur keseimbangan detak jantung serta menguatkan otot jantung.

3 dari 8 halaman

Tulang Rapuh

Penderita gagal ginjal biasanya akan mengalami pelemahan tulang dari hari ke hari. Hal ini disebabkan karena penyakit gagal ginjal akan membuat darah menjadi lebih asam yang membuat kerusakan saraf serta jaringan tulang memburuk.

4 dari 8 halaman

Libido Seksual Menurun

Gagal ginjal juga bisa mengancam kondisi kesehatan seksualmu. Pasalnya, ketika kamu mengalami gagal ginjal, maka produksi darah termasuk ke alat vital akan menurun sehingga membuat performa seksmu juga akan berkurang.

5 dari 8 halaman

Gastrointestinal Ulcers

Gastrointestinal Ulcers atau luka di lapisan lambung akan menyerang penderita penyakit gagal ginjal. Ketika terinfeksi penyakit ini, maka pengobatan yang dilakukan bisa sangat sulit sekali.

6 dari 8 halaman

Tingginya Kalium dalam Darah

Kalium merupakan zat yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan hormon. Namun saat tubuhmu mengandung banyak kalium, maka zat ini bisa menghambat kemampuan jantung untuk berfungsi secara normal yang kemudian bisa mengancam nyawamu.

7 dari 8 halaman

Tekanan Darah Meningkat

Tekanan darah yang meningkat merupakan salah satu efek buruk dari penyakit gagal ginjal. Tekanan darah yang tinggi ini bisa menjadi risiko utama munculnya penyakit jantung.

8 dari 8 halaman

Retensi Cairan

Ketika ginjal mulai gagal untuk berfungsi, maka akan terjadi tumpukan garam di dalam tubuh yang kemudian mengakibatkan cairan dalam tubuh terikat dan juga menumpuk. Saat terjadi penumpukan cairan inilah muncul masalah kesehatan baru seperti gagal jantung hingga gangguan paru-paru.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa kamu alami ketika terjadi gagal ginjal. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal secara tepat agar dapat berfungsi secara tepat. (mdk/RWP)

Baca juga:
8 Penyakit ini Bikin Anggaran BPJS Kesehatan Jebol
Banyak Pasien Penyakit Ginjal Telat Mengenali Gejala Penyakitnya
Penderita Diabetes dan Hipertensi Memiliki Risiko Tinggi Alami Gagal Ginjal
Gagal ginjal, ABK kapal tanker asal Hong Kong dievakuasi di Aceh
Polisi panggil penerima donor ginjal Ita yang hanya dibayar Rp 70 juta
Jual ginjal demi bayar utang Rp 350 juta, Ita cuma dibayar Rp 70 juta