8 Nutrisi yang Bisa Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma dengan Luar Biasa

SEHAT | 20 November 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi tidak subur merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh pria pada saat ini. Salah satu tanda adanya masalah ketidaksuburan ini berupa rendahnya jumlah sperma.

Rendahnya jumlah sperma bisa dihubungkan dengan pola makan serta gaya hidup. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi termasuk kurangnya zinc, vitamin, kebiasaan merokok, dan bahkan pilihan celana dalam.

Beberapa hal bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rendahnya jumlah sperma ini. Mulai aktif berolahraga bisa berdampak pada kesehatan dan kesuburan pria.

Mengubah makanan yang kamu konsumsi bisa jadi cara mudah untuk tingkatkan jumlah sperma ini. Dilansir dari Fertility First, berikut sejumlah nutrisi penting untuk meningkatkan jumlah sperma.

1 dari 8 halaman

Zinc

Zinc atau seng memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual, tingkat testosteron, dan juga pergerakan sperma. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kalkun, dan boga bahari memiliki kandungan zinc yang tinggi dan bisa membantu produksi sperma.

2 dari 8 halaman

Antioksidan

Antioksidan bisa membantu meningkatkan jumlah sperma dan air mani. Makanan yang antioksidan meliputi kacang-kacangan, berri-berrian, polong, bayam, serta coklat.

3 dari 8 halaman

Vitamin D

Makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi bisa meningkatkan tingkat testosteron serta pergerakan sperma. Kandungan nutrisi ini berguna baik pada pria maupun wanita. Kandungan vitamin D yang kaya bisa didapat dari ikan salmon, tuna, keju, telur, yogurt, dan jamur.

4 dari 8 halaman

Vitamin E

Sebagai tambahan dari antioksidan, vitamin E juga bisa meningkatkan produksi dan kualitas sperma dengan cara melindunginya dari radikal bebas. Vitamin E yang besar bisa diperoleh dari minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

5 dari 8 halaman

Folat

Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya folat bisa memperburuk kualitas sperma dan menurunkan konsentrasinya. Kandungan folat ini bisa diperoleh dari sayuran hijau, sereal, roti, serta jus buah terutama jus jeruk.

6 dari 8 halaman

Vitamin B12

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B12 penting bagi kesehatan sperma keseluruhan dengan meningkatkan pergerakan, jumlah sperma, dan menurunkan jumlah fragmentasi DNA. Makanan kaya B12 meliputi ikan, makanan laut, daging, ayam, produk olahan susu, serta telur.

7 dari 8 halaman

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang penting bagi kesehatan sperma dan mampu meningkatkan kondisinya. Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi meliputi jeruk, stroberi, kiwi, tomat, serta brokoli.

8 dari 8 halaman

Asam Lemak Omega-3

Selain bermanfaat bagi mata, kardiovaskular, dan otak, omega-3 juga bisa meningkatkan jumlah sperma dan pergerakannya. Omega-3 yang tinggi bisa kamu peroleh dari ikan, makanan laut, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Sejumlah nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan jumlah sperma. Dengan kata lain, hal ini juga bisa membuatmu lebih subur dan cepat memiliki keturunan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Jangan Sepelekan Mata Kering Karena Bisa sangat Mengganggu
Sehat itu Mahal, Amankan Keuangan Sebelum Penyakit Menyerang
6 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot yang Muncul Usai Berolahraga
Cerita Kebiasaan Baru Andien Aisyah, Plester Mulut Saat Tidur
3 Cara Efektif dan Sederhana untuk Menghentikan Mimisan