8 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi Covid-19

8 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi Covid-19
10 jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah. brilio.net ©2020 Merdeka.com
SEHAT | 21 Oktober 2020 00:33 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu, termasuk olahraga. Bagi sebagian masyarakat yang gemar berolahraga diluar rumah, kini harus menyiasati untuk tetap membakar kalori meskipun hanya di rumah saja.

Olahraga tetap harus dilakukan guna menjaga ketahanan tubuh supaya terhindar dari serangan virus corona yang belum ada obatnya. Berikut beberapa gerakan ringan yang bisa dilakukan selama kita di rumah saja.

1. Superman atau Superwoman
Gerakan ini mudah dilakukan siapa saja, termasuk kamu yang memiliki riwayat sakit punggung bagian bawah. Karena aktivitas selama social distancing kamu banyak duduk, gerakan ini bisa membantu untuk memperkuat punggung bagian atas dan bawah.

Cara melakukannya: berbaringlah di atas matras atau lantai dengan kaki dan tangan terentang di depanmu. Lalu angkat kedua lengan dan kakimu secara bersamaan setinggi mungkin, tapi tidak merasa sakit.
Istirahat sebentar, turunkan dan ulangi dengan lengan dan kaki yang berlawanan. Jika gerakan ini sudah kamu rasa ringan, coba angkat kedua lengan dan kedua kakinya secara bersamaan.

2. Push Up
Push up merupakan gerakan yang awam dikenal orang. Gerakan ini sangat bagus untuk meningkatkan stamina, membangun kekuatan, membakar kalori serta meningkatkan kebaikan mental.

Cara melakukannya: Berbaringlah di lantai dan letakkan telapak tangan di sisi dadamu. Tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lenganmu hampir lurus. Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuhmu.

3. Jumping Jack
Merupakan gerakan kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika gerakan ini rutin dilakukan, bisa membuat kondisi jantung dan ototmu lebih kuat, dan sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Gerakan jumping jack yang banyak mengandalkan lompatan juga bisa membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Gerakan ini juga mampu meminimalisir stres selama aktivitas di rumah saja.

Cara melakukannya: Berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama sambil mengangkat tanganmu di atas kepala dan pisahkan kakimu.
Lalu, balikkan gerakan dan kembali ke posisi semula. Selanjutnya, mulailah melakukannya lebih cepat.

4. Downward-facing dog
Downward-facing dog adalah salah satu gaya yang bisa membantu kamu untuk meredakan sembelit, mengurangi ketegangan dan meredakan nyeri otot.

Cara melakukannya: Rebahkan tubuh dengan posisi tengkurap di atas alas atau lantai. Perlahan, angkat tubuh, lalu bokong ke arah langit-langit. Usahakan tulang punggung selurus mungkin. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

5. Crunch
Selama masa pandemi ini, melakukan gerakan crunch diiringi dengan diet sehat dan banyak melakukan aktivitas, bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan lemak yang terkumpul di daerah pinggang.

Cara melakukannya: Berbaringlah di atas matras atau lantai. Tekuk lutut, telapak kaki menumpu pada matras dengan posisi sejajar dengan lutut atau bisa agak direnggangkan.
Lalu letakkan tangan di belakang kepala, ibu jari berada di belakang telinga dan jari-jari lainnya menyangga kepala. Angkat tubuh bagian atas. Ambil napas setiap kali kamu mengangkat tubuh.

Kemudian kembali ke posisi semula, hembuskan napas saat kembali posisi semula. Ulangi 10 kali. Bisa dilakukan sebanyak 3 set dalam sekali latihan.

6. Plank
Gerakan yang terasa mudah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Jika dilakukan dengan rutin, gerakan plank bisa membantu meregangkan otot-otot kaki. Tak hanya itu, gerakan ini juga bisa menambah tinggi badanmu, meningkatkan definisi otot serta membantu mengurangi sakit punggung.

Cara melakukannya: Posisikan tubuh dengan kedua tangan dan lutut yang bertumpu di lantai untuk meregangkan tulang belakang. Sejajarkan bahu tepat di atas tumpuan tangan dan regangkan tulang belakang dengan mengangkat kepala. Tahan posisi ini selama 1 menit.

7. Peregangan Cobra
Gerakan yang menyerupai ular cobra ini ternyata sangat bermanfaat untuk berbagai macam penyakit. Peregangan ala ular cobra ini mampu mengurangi stres pada otot punggung dan tulang belakang.

Cara melakukannya: Kamu cukup tengkurap dengan kaki lurus dan kedua tangan berada di samping bahu. Kemudian tarik tubuh Anda bagian atas hingga lengan lurus menopang tubuh, dan kedua kaki tetap lurus dan berada di lantai. Tahan posisi beberapa detik dan lakukan lagi hingga beberapa kali.

8. Squat
Gerakan terakhir yang bisa dilakukan di rumah adalah squat. Dengan melakukan gerakan ini bisa membantu kondisi otot dan persendian tubuh bagian bawah menjadi lebih baik, sehingga bisa menambah tinggi badanmu.

Cara melakukannya: Gerakan dasar squat cukup mudah dilakukan. Tinggal berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Silakan dicoba di rumah ya. Tetap jaga kesehatanmu, jangan lupa cuci tangan, pakai masker dan tetap jaga jarak ketika diluar rumah ya. (mdk/ttm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami