8 Sumber Protein yang Bisa Disimpan di Kulkas dalam Waktu Cukup Lama

8 Sumber Protein yang Bisa Disimpan di Kulkas dalam Waktu Cukup Lama
ilustrasi makanan protein. www.zliving.com
SEHAT | 13 Oktober 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Asupan nutrisi yang kita konsumsi merupakan suatu hal yang perlu sangat diperhatikan. Sayangnya, pada masa pandemi seperti ini, kita jadi tidak bebas dalam berbelanja.

Kondisi pandemi ini menyebabkan kita hanya dapat berbelanja seminggu sekali. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Makanan ini bisa kita dapatkan dari sejumlah bahan yang bisa diperoleh di sekitar kita.

Pada masa-masa seperti saat ini, kita kerap berbelanja beberapa waktu sekali misal seminggu sekali. Oleh karena itu, menyimpan makanan bersumber protein yang bisa awet dalam waktu lama merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Sejumlah sumber protein sehat dan bisa disimpan dalam waktu lama sangat diperlukan oleh kita. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah sumber protein sehat yang bisa disimpan di kulkas dalam waktu yang lama.

2 dari 9 halaman

Tempe

Tempe bisa tetap segar walau disimpan di kulkas dalam waktu 10 hari. Makanan berbahan dari kedelai ini memiliki banyak kandungan protein dan sumber vitamin B12 yang baik dan penting bagi tubuh.

Simpan tempe dalam jumlah cukup untuk kamu olah sewaktu-waktu. Kamu bisa merebus atau menggorengnya untuk memperoleh manfaat maksimal dan protein dari makanan ini.

3 dari 9 halaman

Tahu

8 sumber protein yang bisa disimpan di kulkas dalam waktu cukup lama

Tahu merupakan teman karib dari tempe dan bisa disimpan di kulkas dalam jangka waktu 7 hari. Makanan ini juga bisa diolah menjadi berbagai panganan yang lezat.

Berbagai jenis tahu bisa kamu konsumsi dengan macam-macam cara yang berbeda. Selain protein, tahu juga mengandung mangan, selenium, dan fosfor di dalamnya.

4 dari 9 halaman

Protein Sayur Bertekstur

Makanan ini merupakan tiruan daging yang terbuat dari kedelai. Jenis makanan tinggi protein ini bisa disimpan hingga waktu 7 hari.

Makanan ini kadang berada dalam bentuk dikeringkan dan perlu direhidrasi lagi dengan direbus atau cara lain. Makanan ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang vegan dan vegetarian.

5 dari 9 halaman

Telur

8 sumber protein yang bisa disimpan di kulkas dalam waktu cukup lama

Telur mentah bisa disimpan di dalam kulkas dalam waktu 3 hingga 5 hari. Sedangkan telur yang direbus hingga keras bisa disimpan hingga waktu 7 hari.

Sebutir telur mengandung protein kualitas tinggi serta sejumlah vitamin dan mineral. Telur juga penuh nutrisi dan bisa memenuhi kebutuhan kalori.

6 dari 9 halaman

Spirulina Algae

Spirulina merupakan makanan tinggi protein yang bisa disimpan di kulkas hingga 2 tahun. Makanan ini mengandung 7 gram protein dan sejumlah nutrisi dan antioksidan penting.

Untuk menjaga kesegarannya, pastikan masukkan di dalam wadah yang tertutup rapat. Selanjutnya simpan di dalam kulkas dan campurkan dengan makanan lain sebelum mengonsumsinya.

7 dari 9 halaman

Yogurt

8 sumber protein yang bisa disimpan di kulkas dalam waktu cukup lama

Yogurt merupakan salah satu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi dan simpan di kulkas hingga 1 bulan. Produk olahan susu ini memiliki kandungan protein, kalsium, vitamin B12, dan fosfor yang tinggi di dalamnya.

Olahan susu ini memiliki kandungan probiotik di dalamnya yang baik bagi pencernaan. Konsumsi yogurt juga bisa menurunkan risiko bertambahnya berat badan, sindrom metabolisme, penyakit jantung, serta diabetes tipe 2.

8 dari 9 halaman

Polong-Polongan

Kacang polong bisa tetap segar disimpan di kulkas hingga 7 hari. Terdapat berbagai jenis kacang polong yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan proteinmu.

Selain protein, terdapat sejumlah kandungan nutrisi di dalamnya termasuk serat, vitamin B, dan zat besi. Jika dikeringkan, polong-polongan bisa bertahan hingga 12 bulan di kontainer kedap udara.

9 dari 9 halaman

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

dan biji bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang bisa disimpan hingga waktu lama sekitar 6 bulan. Selain itu, terdapat juga berbagai manfaat menyehatkan lainnya yang bisa dikonsumsi.

Simpan makanan ini di dalam kulkas agar bisa bertahan lebih lama. Selain protein, kandungan serat, magnesium, zinc, serta vitamin E dari makanan ini juga tergolong tinggi. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kurang Gizi dan Anemia Pada Remaja Perempuan Bisa Sebabkan Masalah pada Keturunan
Cara Mudah Kurangi Asupan Gula, Garam, dan Lemak Menurut Pakar Gizi
Makan Buah dan Sayur serta Berolahraga Bisa Buat Diri Jadi Bahagia
5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Buah Nangka Muda atau Tewel
BPOM Sarankan Agar SKM Tidak Diseduh atau Diminum Langsung
Deretan Makanan yang Cocok Dikonsumsi untuk Memperoleh Tubuh Ideal
Buah Hati Suka Pilih-Pilih Makanan, Ini 10 Cara Menyiasatinya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami