8 Tips Bercukur yang Harus Diterapkan Demi Hasil Maksimal dan Kulit yang Sehat

SEHAT | 17 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bercukur merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pria secara rutin. Baik setiap hari maupun beberapa hari sekali, bercukur terutama pada bagian wajah merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan.

Kegiatan ini bahkan tidak hanya bisa dilakukan pada wajah saja. Bercukur juga bisa dilakukan pada seluruh bagian tubuh yang ditumbuhi rambut.

Hal ini juga membuat bercukur tidak hanya khusus dilakukan oleh pria saja. Wanita juga dapat bercukur baik pada bagian kaki, ketiak, atau bagian tubuh lainnya.

Kesalahan yang dilakukan oleh seseorang ketika bercukur bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama pada kulit. Hal yang kerap terjadi adalah munculnya lecet, luka, maupun iritasi kulit.

Penting untuk melakukan sejumlah hal agar kegiatan bercukur tidak menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Dilansir dari Dermalogica, berikut sejumlah hal yang harus dilakukan sebelum bercukur, untuk mendapat hasil yang maksimal dan tak menyebabkan masalah pada kulit.

1 dari 8 halaman

Mandi Terlebih Dahulu

Mandi terlebih dahulu bisa membuat kegiatan bercukur semakin mudah dilakukan dan tanpa masalah. Kelembapan dan kehangatan yang muncul karena mandi bisa melembutkan kulit dan rambut sehingga membuat kegiatan bercukur semakin mudah.

2 dari 8 halaman

Gunakan Pembersih Kulit Sebelumnya

Ketika bercukur, adanya benjolan dan rambut tumbuh ke dalam bisa membuat kegiatan tersebut semakin sulit. Untuk menyiasatinya, bersihkan kulit secara teratur dengan pembersih untuk menghilangkan masalah tersebut.

Disarankan untuk menggunakannya pada malam hari sebelum bercukur pada pagi harinya. Hal ini bisa mencegah munculnya benjolan sehingga bercukur semakin mudah dilakukan.

3 dari 8 halaman

Kenali Arah Tumbuhnya Rambut

Bercukur dengan arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut bisa meningkatkan peluang munculnya benjolan dan rambut tumbuh ke dalam. Usahakan untuk mencukur rambut dengan arah yang tepat untuk menghindari segala masalah ini.

4 dari 8 halaman

Gunakan Shaving Cream

Bercukur bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit, oleh karena itu disarankan menggunakan shaving cream untuk meminimalisasi masalah tersebut. Krim ini bisa melembutkan, melembapkan, dan melindungi kulitan dari gesekan langsung pisau cukur.

5 dari 8 halaman

Jangan Gunakan Antiseptik Berbahan Alkohol

Biasanya pria menggunakan ramuan setelah bercukur yang mengandung alkohol. Hal ini rupanya justru bisa menimbulkan iritasi dan perasaan tak nyaman, sebaiknya hindari bahan yang mengandung alkohol dan gunakan bahan lain yang lebih alami dan menenangkan kulit.

6 dari 8 halaman

Jangan Menekan Pisau Cukur

Ketika bercukur, seseorang seringkali cukup menekan pisau cukur untuk mendapat hasil lebih maksimal. Namun hal ini justru bisa menimbulkan iritasi dan rasa sakit pada kulit.

7 dari 8 halaman

Cukur Secara Perlahan

Gerakan yang konstan dan perlahan ketika bercukur bisa memberi hasil yang maksimal pada kulitmu. Ketika bercukur lakukan gerakan yang konstan, perlahan dan pendek-pendek untuk mendapat hasil maksimal.

8 dari 8 halaman

Selalu Cuci Pisau Cukur

Pastikan selalu mencuci pisau cukur untuk mempertahankan ketajamannya. Hal ini bahkan sebaiknya dilakukan usai tiap tarikan saat bercukur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Sejumlah hal tersebut harus kamu perhatikan untuk mendapat hasil yang maksimal dalam bercukur. Pastikan untuk melakukannya demi kesehatan kulit dalam jangka panjang. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Perawatan Kulit Wajah yang Penting untuk Diketahui Pria
12 Gaya Berkendara Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana?
6 Masalah Kesehatan yang Bisa Jadi Penyebab Kejantanan Pria Sering Kesemutan
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Pria untuk Mencapai Orgasme Selanjutnya?
Perbedaan dalam Perawatan Kulit Pria dan Wanita yang Penting untuk Diketahui
Mengapa Hanya Pria yang Memiliki Jakun Sedangkan Wanita Tidak?