Adakah Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Melakukan Pijatan pada Kulit Kepala?

Adakah Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Melakukan Pijatan pada Kulit Kepala?
SEHAT | 26 Agustus 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Memanjakan diri secara menyehatkan bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Salah satu hal yang menyenangkan dan bermanfaat untuk dilakukan adalah berupa pijatan pada kulit kepala.

Pijatan pada kulit kepala ini tidak hanya meredakan stres yang kamu alami namun juga dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut. Namun benarkah hal ini bisa memiliki manfaat tersebut?

Dilansir dari The Health Site, pijatan di kulit kepala ini sebenarnya tak berbeda dari pijatan di tubuh, punggung, atau leher. Dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan minyak tertentu atau tidak tergantung dengan kesukaanmu.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa bukannya menguntungkan, hal ini juga bisa berdampak buruk pada kondisi rambut. Disebut bahwa hal ini bisa meningkatkan alopecia, kondisi yang berujung rambut rontok.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan pada jurnal Eplasty mengungkap bahwa pria yang mendapat pijatan kulit kepala 4 menit selama 24 minggu mendapat rambut yang lebih lebat pada akhir penelitian. Penelitian lain pada jurnal Dermatology and Therapy juga memiliki hasil lain yang mendukung hasil temuan tersebut.

Baca Selanjutnya: Dampak Memijat Kulit Kepala...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami