Agar Anak Menyukai Sayur, Orangtua Perlu Ketahui Makanan Kesukaan Anak

Agar Anak Menyukai Sayur, Orangtua Perlu Ketahui Makanan Kesukaan Anak
SEHAT | 6 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu makanan yang sering sulit dikonsumsi oleh anak adalah sayur. Untuk membuat anak menyukai dan meminatinya, penting bagi orangtua untuk menyukai makanan kesukaan anak terlebih dahulu.

"Anak saya yang paling besar usianya 7 tahun. Karena dia sudah lebih besar jadi bisa memilih makanan yang dia suka. Awalnya, saya juga kesulitan, gimana caranya dia suka sayur. Tiap kali nawarin makan sayur, saya bilang, 'Kamu sukanya apa? Yaudah deh makan yang kamu suka," ujar Soraya Larasati, seorang ibu dalam dialog Bicara Gizi, beberapa waktu lalu.

"Akhirnya, saya menemukan kalau anak sukanya sayur yang ada kuahnya. Pernah bikin sayur asem yang dimasukin kacang panjang, labu siam. Nah, dia suka. Kalau dimasakin tumis buncis enggak gitu dilirik. Dia ternyata sukanya sayur yang berkuah dan ada rasanya gitu," sambungnya.

Lebih lanjut, Soraya mengatakan, penting bagi seorang ibu peka apa yang menjadi makanan kesukaan anak.

"Jadi, perhatikan model kayak gimana masaknya. Karena anak suka sayur berkuah, saya bikin sayur pakai kuah tomyam. Isinya bakso, tapi tetap ada sayurnya. Dimasukin brokoli sedikit-sedikit juga sih. Akhirnya, dia mau juga makan dengan brokolinya," terang Soraya.

"Aku pikir dia sukanya lebih kepada rasa kuahnya. Tapi yang penting dia bisa makan sayur. Jangan maksain sayur yang kita sukanya apa. Karena kan mungkin selera anak juga berbeda ya. Sampai sekarang, anak saya tetap tercukupi kebutuhan makan sayur," lanjutnya.

Baca Selanjutnya: Perlihatkan Kita Makan Sayur pada...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami