Fakta-fakta Virus Corona, Muncul di China Kini Menyebar ke Amerika

SEHAT | 23 Januari 2020 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Virus Corona mulai tersebar di China dan sudah menular ke sejumlah negara lainnya, termasuk Amerika Serikat. Virus mematikan ini sudah menginfeksi lebih dari 300 orang dan menewaskan enam orang di Asia.

Pada Selasa (21/1) lalu, lima kasus virus Corona dikonfirmasi di Beijing, dua di Shanghai, dan 14 di Guangdong. Ilmuwan China pada 8 Januari mengidentifikasi patogen sebagai jenis baru virus corona, yang mirip dengan penyebab SARS.

Kini China terus berusaha menangani merebaknya virus Corona yang sudah menular ke sejumlah negara. Berikut fakta-fakta virus corona, virus sejenis SARS yang menyebar ke sejumlah negara:

1 dari 4 halaman

Ditularkan dari Manusia ke Manusia

Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi virus corona dapat ditularkan dari manusia ke manusia yang terinfeksi. Virus itu, yang pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan di China tengah, diketahui telah menginfeksi hampir 300 orang dan telah menyebar ke setidaknya sejumlah negara lain.

"Saat ini, bisa dinyatakan secara afirmatif bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia," kata Zhong Nansan, kepala tim peneliti yang melakukan studi pada koronavirus pneumonia ini, dilansir dari Science Alert.

2 dari 4 halaman

Satu Jenis dengan SARS dan Serang Pernapasan

Coronavirus merupakan jenis "keluarga besar" virus yang dapat menyebabkan infeksi, mulai dari flu biasa hingga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang merupakan sindrom pernapasan akut parah.

Beberapa jenis virus menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah, tetapi ada juga beberapa penyakit yang jauh lebih parah seperti yang menyebabkan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

"Informasi awal tentang kasus-kasus pneumonia di Wuhan ... mengarah ke coronavirus sebagai patogen yang mungkin menyebabkan kluster ini," kata WHO.

Jenis coronavirus baru tidak dapat dihindari. Hal itu dikarenakan otoritas China telah melakukan tes laboratorium dan menghilangkan coronavirus SARS dan MERS sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya flu, flu burung, adenovirus, dan patogen infeksi pernapasan umum lainnya.

3 dari 4 halaman

Sumber Virus

Badan kesehatan dunia (WHO) sebelumnya menyatakan bahwa kemungkinan, hewan menjadi sumber utama dari virus ini. Namun, beberapa penularan secara terbatas antara manusia bisa terjadi dengan kontak dekat.

Dokter spesialis Erlina Burhan dari Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI juga mengatakan, kasus pneumonia berat ini dimulai dari sebuah pasar ikan yang juga menjual unggas di Wuhan, Tiongkok.

"Sampai saat ini belum ada bukti yang mengindikasikan penularan (virus) dari manusia ke manusia," kata Erlina dalam konferensi pers di Kantor PDPI.

4 dari 4 halaman

Negara yang Terjangkit Corona

Sejumlah negara mulai terserang virus corona, seperti Korea Selatan, Thailand, Jepang, hingga Amerika Serikat. Virus tersebut masuk ke sejumlah negara, setelah salah satu warga mengunjungi Wuhan beberapa waktu lalu. Setibanya ke negara-negara tersebut, virus itu terdeteksi.

Pengamanan-pengamanan di tiap bandara diperketat. Di Thailand, Pihak berwenang Thailand memberlakukan pemindaian termal wajib bagi penumpang yang datang dari daerah berisiko tinggi di bandara China di Bangkok, Chiang Mai, Phuket dan Krabi.

"Penumpang itu akan diperiksa tanpa pengecualian," ujar Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul.

Di Amerika, corona mulai tersebar. Pria yang dilaporkan terjangkit virus itu berusia 30-an tahun dan dia baru kembali dari Wuhan pada 15 Januari lalu.

"Pasien itu mendatangi fasilitas medis di Negara Bagian Washington dan dia kini dirawat di sana," kata pernyataan CDC, Rabu (22/1). (mdk/dan)

Baca juga:
Cegah Virus Corona Masuk, Bandara Ngurah Rai Pasang Alat Deteksi Suhu Tubuh
Virus Corona China Sudah Sampai Amerika, Bisa Bermutasi dan Menyebar Luas
Pemerintah Teliti Dampak Penyebaran Virus Corona ke Ekonomi Indonesia
Antisipasi Virus Mirip SARS, Malaysia Pasang Pemindai Suhu di Bandara
Corona Virus Penyebab Pneumonia bisa Menyebar dari Manusia ke Manusia
China Kalang Kabut Karena Wabah Virus Corona Meningkat Jelang Tahun Baru Imlek

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.