Alasan Mengapa Penting untuk Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat Melakukannya

Alasan Mengapa Penting untuk Membuat Bayi Bersendawa dan Cara Tepat Melakukannya
Ilustrasi bayi. ©Shutterstock.com/KPG_Payless
SEHAT | 12 November 2020 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orangtua setelah memberi makan buah hati mereka adalah membuat mereka bersendawa. Secara ilmiah, hal ini diketahui bisa membantu mengatasi kondisi tak nyaman yang dialami oleh bayi.

Sendawa pada bayi ini bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang terdapat di dalam perut bayi. Hal ini bisa berdampak baik terhadap pencernaan mereka dan selanjutnya membuat mereka merasa lebih nyaman.

Terbentuknya formasi gas berlebih di perut juga bisa terjadi akibat susu yang tidak bisa dicerna secara sempurna. Hal ini bisa terjadi kibat kandungan tertentu pad susu formula yang diberikan pada bayi.

Penumpukan gas yang sebenarnya normal pada manusia ini bisa jadi sangat mengganggu ketika terjadi pada balita. Oleh karena itu, penting untuk membuat bayi bersendawa demi mengeluarkan gas berlebih ini.

Dilansir dari Boldsky, membuat bayi bersendawa ini penting dilakukan setidaknya hingga mereka berusia 4-5 bulan. Kebiasaan ini sebaiknya mulai dilakukan pada saat bayi baru lahir.

Baca Selanjutnya: Alasan Mengapa Harus Membuat Bayi...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami