Amankah Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur di Malam Hari?

Amankah Konsumsi Air Putih Sebelum Tidur di Malam Hari?
Ilustrasi minum air. ©Shutterstock/Dragon+Images
SEHAT | 29 Oktober 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orang sangat memperhatikan jam makan mereka setiap harinya. Walau begitu, ketika terkait minuman, banyak orang yang langsung minum ketika haus.

Kurangnya konsumsi air putih ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Kurang air juga dapat menyebabkan kerja tubuh jadi terganggu dan tak sempurna.

Walau begitu, sesungguhnya ada waktu-waktu khusus ketika kamu sebaiknya tidak minum air putih. Hal ini termasuk sebelum kamu hendak tidur di malam hari.

Dilansir dari Times of India, minum air putih sebelum tidur bisa menjadi sebuah hal yang sebaiknya dihindari. Pasalnya hal ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

2 dari 3 halaman

Efek Negatif Minum Sebelum Tidur

Minum air putih tepat sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan siklus tidur. Hal ini bisa membuatmu sering ke kamar mandi pada malam hari untuk buang air.

Secara umum, jumlah urin kita perlu menurun di malam hari agar dapat tidur selama lima hingga tujuh jam tanpa gangguan. Ketika kamu minum di malam hari sebelum tidur, kamu mungkin jadi ingin buang air kecil beberapa kali pada malam hari.

Gangguan tidur yang terjadi akibat buang air kecil ini bisa menyebabkan mood berubah-ubah, tekanan darah tinggi, kurang konsentrasi, dan emotional eating pada keesokan harinya. Sebuah penelitian bahwa mengungkap bahwa seseorang yang tidur kurang dari enam jam di malam hari lebih rentan mengalami stroke.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih di Malam Hari

air putih di malam hari

Walau sebaiknya tidak diminum sebelum tidur, namun minum air putih di malam hari tetap memiliki dampak positif. Hal ini terutama ketika dilakukan di malam hari setelah makan.

Konsumsi air putih hangat di malam hari setelah makan besar bisa sangat bermanfaat. Hal ini bisa membersihkan tubuh secara alami serta menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga mempercepat proses pencernaan dan mencegah konstipasi.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Menggunakan Masker Terlalu Ketat Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Ini Cara Mengatasinya
Konsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat dan Lemak Bisa Timbulkan Kantuk Setelah Makan
Obesitas Menjadi Ancaman Bagi Peradaban Manusia Saat Ini
8 Cara Mencegah Mulut Menjadi Kering saat Tertidur
Perubahan Gaya Hidup di Masa Pandemi Jadi Pemicu Munculnya Osteoporosis
Perempuan Miliki Risiko Osteoporosis 4 Kali Lebih Tinggi Dibanding Laki-Laki
Secara Ilmiah, Ini 5 Cara Agar Lebih Sehat di Akhir Pekan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami