Antioksidan Jadi Kunci Penting untuk Hadapi Masa New Normal

Antioksidan Jadi Kunci Penting untuk Hadapi Masa New Normal
SEHAT | 6 Juni 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masa-masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah telah berakhir dan digantikan oleh kondisi new normal. Pada saat seperti ini, kita tidak boleh lengah dan harus tetap menggunakan masker serta sering mencuci tangan.

Selain pencegah tersebut, Dokter Spesialis Alergi-imunologi, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI mengatakan terpenting pada kondisi seperti ini adalah antioksidan, salah satu yang dapat meningkatkan imun sistem karena memiliki vitamin A, C, dan E. Kalau ada yang sejenis itu yang bisa kita konsumsi, itu bagus sekali, seperti Astaxanthin misalnya.

"Ini penting sekali, karena proses di dalam tubuh, seperti makanan dan segala macam, akan terbentuk oksidan-oksidan. Dan, ini bisa dijadikan suplementasi untuk kecukupan antioksidan dalam tubuh kita," ujarnya dr. Iris dalam acara Asthin Force.

Prof. Iris mengatakan, bukan hanya pada saat Covid-19, sehari-hari pun kita butuh antioksidan. Apalagi, dengan kondisi pandemi virus corona dimana setiap orang butuh sistem imun yang baik.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, cara kerja antioksidan adalah menetralisir molekul radikal bebas di dalam tubuh. Artinya, antioksidan adalah suatu substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas yaitu zat-zat yang dapat menimbulkan racun di dalam tubuh. Dengan antioksidan, radikal bebas dapat ditangkal. Sehingga tubuh kita juga dapat menangkal peradangan, antara lain radang sendi.

1 dari 1 halaman

Suplemen

Prof Iris juga menyampaikan, jika kita tidak yakin dengan kecukupan mengonsumsi buah dan sayur, kita bisa menambahnya dengan mengonsumsi suplemen. Contohnya, suplemen yang mengandung Astaxhantin yang memang sangat khas mengandung antioksidan.

Namun, bagi orang yang sudah yakin dengan konsumsi buah dan sayur, tidak apa-apa jika tidak melengkapinya dengan suplemen. Astaxhantin sebetulnya ada di dalam tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan dan hewan tertentu, yang bisa dikonsumsi untuk memperoleh antioksidan.

"Antioksidan sangat penting untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu terbentuk dari racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Paling mudah itu adalah dari asap rokok dan asap kendaraan bermotor yang dapat menciptakan radikal bebas. Antioksidan dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," tambahnya.

Sebaliknya, bila kekurangan antioksidan, daya tahan tubuh akan menurun. Seperti diketahui, vitamin C juga mempengaruhi sistem imun. Artinya, tanpa vitamin, tubuh tidak bisa membentuk sistem imun yang baik. Oleh karena itu, vitamin itu sangat dibutuhkan untuk mempertahankan sistem imun kita.

"Makanya, ada vitamin C untuk anak-anak yang mengandung antioksidan. Sebab, tujuan dari antioksidan adalah menetralisir radikal bebas," katanya.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Menjadi Penyebab Seseorang Sensitif Terhadap Kopi
Deretan Cara Menghilangkan Noda Putih di Lidah dengan Mudah
Ini Penyebab Mengapa Kepanasan Bisa Menyebabkan Mimisan dan Sakit Kepala
Pantat Sakit dan Pegal saat Bekerja dari Rumah, Begini Cara Mengatasinya
Meski Orangtua Memiliki Badan Mungil, Anak Tetap Berpeluang untuk Tumbuh Tinggi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5