Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Obat Herbal

SEHAT | 16 November 2019 09:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak masyarakat yang meyakini bahwa sejumlah tanaman dan obat herbal mampu mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes. Beberapa tanaman yang dianggap berkhasiat ini adalah lengkuas, pare, kunyit, dan ginseng. Benarkah boleh untuk mengonsumsi obat herbal bagi penderita diabetes?

Pahitnya pare, kata sebagian orang, bisa membantu mengontrol penyerapan gula darah di dalam usus.

"Yang namanya obat herbal kan enggak semua terbukti. Harus ada penelitian. Kembali lagi ke pasiennya, kalau dia tetap mau minum obat herbal ya enggak apa-apa," jelas dokter spesialis penyakit dalam konsultan Pradana Soewondo.

Meski mempersilakan orang diabetes mengonsumsi Soewondo mengingatkan agar tetap mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

"Tapi biasanya saya menyarankan, tolong obat (medis) jangan dihentikan minumnya ya."

1 dari 1 halaman

Selalu Pantau Gula Darah

Soewondo juga menekankan pasien diabetes selalu memantau gula darah. Kadar gula darah normal yakni di bawah 100 mg/dL. Jika berada pada angka 100 - 125 mg/dL, maka orang tersebut masuk kategori pradiabetes.

"Gula darah harus selalu dipantau juga. Ya, kalau pasien merasakan ada manfaat minum obat herbal, silakan jalan terus (obat herbal diminum)," tambah dokter yang juga Koordinator Dalam Negeri PB Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Terkait obat herbal, Soewondo juga mengungkap bahwa obat ini harganya tak murah. Dia mengungkap bahwa obat herbal ini juga memiliki harga lebih mahal ketimbang obat generik (obat medis).

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Diabetes Ini Sehat dan Sederhana
Waspada! Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak dan Remaja
Konsumsi Jambu Secara Rutin Saat Sarapan Bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah
Talas Bisa Jadi Alternatif Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes
Ini Penyebab Mengapa Seorang Penderita Diabetes Sangat Rentan Alami Kerusakan Mata