Asap Rokok Elektrik Ternyata Juga Timbulkan Bahaya Bagi Kesuburan Wanita

SEHAT | 27 September 2019 05:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Selama ini, vape atau rokok elekrik disebut sebagai alternatif yang lebih sehat dibanding merokok. Namun rupanya, dampak buruk yang disimpan dari penggunaan rokok elektrik ini juga tak kalah bahayanya.

Penelitian menunjukkan bahwa vape bisa menimbulkan masalah pada DNA, memicu masalah paru-paru yang menyebabkan emphysema, dan bahkan hingga meledak. Namun tak hanya itu saja, terdapat dampak lain yang tak kalah bahayanya.

Dilansir dari Health24, peneliti mengungkap bahwa penggunaan rokok elektrik bisa mencederai kesuburan dan kehamilan pada wanita muda. Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada Journal of Endocrine Society dan diujicobakan pada mencit.

Setelah terpapar asap vape, tikus betina menunjukkan penurunan implantasi embrio dan penundaan kehamilan setelah diperiksa dari kotoran pertama mereka. Anak tinus betina yang terpapar asap rokok elektrik juga tampak gagal menambah berat badan mereka.

Selama beberapa bulan, para tikus ini terpapar asap rokok elektrik. Diketahui bahwa kesuburan wanita menurun secara drastis selama periode tersebut.

Efek ini diperkirakan bakal lebih parah dialami oleh manusia. Kombinasi dari lingkungan, kesehatan, dan faktor genetik disebut bakal mempengaruhi manusia lebih parah.

1 dari 1 halaman

Bisa Buat Wanita Jadi Tak Subur

Sebelumnya, telah diketahui bahwa mengonsumsi rokok bisa mencederai wanita hamil serta janin mereka. Sebuah penelitian terdahulu juga mengetahui bahwa konsumsi rokok elektrik dengan rasa bisa mencederai fungsi testis tikus jantan.

"Kami mengetahui bahwa penggunaan rokok elektrik sebelum kehamilan bisa menunda secara signifikan implantasi embrio yang subur ke uterus sehingga akhirnya menurunkan kesuburan (pada tikus)," terang peneliti Kathleen Caron, Ph.D.

"Kami juga menemukan bahwa penggunaan rokok elektrik selama kehamilan mengubah kesehatan secara jangka panjang dan metabolisme dari keturunan wanita, menimbulkan dampak pada generasi kedua yang tengah tumbuh di janin," sambungnya.

Mengingat bahaya yang dimiliki oleh rokok elektrik ini, sebaiknya tidak lagi menyebut bahwa hal ini lebih sehat dibanding rokok biasa. Pasalnya, bahaya yang disimpannya juga tak kalah menakutkan. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Wanita Mengalami Sulit Hamil
Faktor Genetik Jadi Hal yang Paling Penting untuk Mengetahui Usia Menopause
Keseringan Nonton Film Porno Bisa Buat Hasrat Wanita Meredup
Di Balik Bau Durian Tersimpan Sejumlah Manfaat untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita
Jarang Membersihkan Kewanitaan saat Menstruasi Bisa Buat Wanita Sulit Hamil
Tingginya Stres dalam Kehidupan Bisa Munculkan Rasa Lapar yang Bahayakan Kesuburan