Atasi bengkak di kaki dengan 5 cara alami ini

SEHAT | 4 April 2014 15:10 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - kaki bengkak disebabkan ketika tubuh Anda tidak memiliki kemampuan yang baik untuk mengontrol cairan yang ada di dalam tubuh. Akibatnya cairan dan darah pun menumpuk di bagian bawah tubuh Anda yaitu kaki.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kaki menjadi bengkak. Mulai dari tekanan darah tinggi, kehamilan, atau terlalu banyak beraktivitas. Berikut adalah beberapa perawatan rumahan yang baik untuk menyembuhkan kaki bengkak seperti dilansir dari healthmeup.com.

Mengoleskan minyak esensial

Beberapa minyak esensial seperti kayu putih, lavender, dan peppermint diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Cobalah untuk merendam kaki Anda dengan air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes minyak tersebut. Larutan ini akan mengempiskan bengkak di kaki Anda.

Merendam kaki dengan air garam

Garam mempunyai fungsi untuk mengendurkan otot yang bengkak. Tambahkan beberapa sendok garam di dalam air hangat dan rendam kaki Anda.

Menggantung kaki

Ketika Anda sedang berbaring, cobalah untuk menggantungkan kaki Anda. Hal ini akan membuat darah Anda mengalir lebih bebas dan dapat mengurangi bengkak.

Pijat kaki

Pijatan merupakan salah satu solusi terbaik untuk meredakan kaki yang bengkak. Pijat akan mengalirkan darah yang menyebabkan pembengkakan kaki.

Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah sehingga mencegah pembengkakan kaki.

Kaki yang bengkak dapat terasa menyakitkan dan mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu atasi dengan cara di atas. (mdk/feb)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.