Bahaya yang Bisa Muncul Bagi Wanita yang Melahirkan Sebelum Berusia 20 Tahun

Bahaya yang Bisa Muncul Bagi Wanita yang Melahirkan Sebelum Berusia 20 Tahun
SEHAT | 31 Desember 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Usia terlalu muda ketika melahirkan bisa timbulkan masalah kesehatan bagi seseorang. Ketika melahirkan pada usia di bawah 20 tahun, terdapat risiko kematian baik pada ibu maupun anak yang dikandung.

Dalam sebuah seminar kesehatan reproduksi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menerangkan risiko melahirkan pada usia dini.

"Mulut rahim bisa terjadi perdarahan. Karena panggul perempuan pada usia 16, 17, dan 18 tahun belum sepenuhnya padat. Bayi dipaksa didorong keluar. Diameter ukuran panggul pun belum maksimal," jelas Hasto.

Hasto menjelaskan bahwa ukuran tepat diameter panggul yang pas untuk melahirkan itu 10 cm. Ukuran 10 cm ini baru terbentuk saat perempuan masuk usia 20 tahun.

"Diameter panggul 10 cm barulah cocok untuk perempuan melahirkan. Ukuran bayi yang masuk ke jalan lahir biasanya 9,8 cm, 9,7 cm atau 9,6 cm. Bayi pun bisa keluar, ukuran panggul si ibu pas untuk dilewati bayi," terangnya.

Baca Selanjutnya: Mulut Rahim Tidak Elastis...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami