Bangun kesiangan bikin kepala jadi pusing?

Bangun kesiangan bikin kepala jadi pusing?
SEHAT | 10 Oktober 2012 16:40 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Anda berencana untuk tidur dalam jangka waktu yang lama di akhir pekan. Anehnya ketika bangun tidur, tubuh Anda tidak menjadi segar, malah sebaliknya. Anda merasa pusing, malas, dan menderita sakit kepala yang menyakitkan. Apa penyebabnya? Penasaran? Yuk simak ulasan dari Boldsky berikut ini!

Sakit kepala saat bangun tidur

Keluhan ini bisa disebabkan oleh masalah fluktuasi serotonin yang terjadi selama tidur. Selain itu, ada beberapa penyebab dari masalah sakit kepala ini, yaitu:

1. Apnea tidur

Kondisi ini membuat seseorang mengalami masalah pernapasan selama tidur. Napas Anda bisa berhenti selama beberapa detik atau bahkan menit. Hal ini dikarenakan kadar oksigen yang rendah dalam tubuh. Alhasil, ketika bangun, Anda mengeluhkan rasa nyeri di bagian kepala.

2. Depresi

Gejala depresi bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki waktu tidur yang sedikit. Mereka mengalami keputusasaan, sedih, dan depresi. Kurang tidur membuat mereka juga mengalami masalah kesehatan lainnya, seperti nyeri pada leher, punggung, dan kepala.

Cara mengatasi sakit kepala setelah bangun tidur

1. Tidur minimal 8 jam sehari untuk tetap aktif dan sehat sepanjang hari. Hindari pula waktu tidur yang berlebihan!

2. Hindari tidur siang terlalu lama (2-3 jam). Jangan minum kafein, alkohol atau makan makanan pedas 4-6 jam sebelum tidur siang.

3. Gunakan kasur yang nyaman dan bersih. Jangan gunakan tempat tidur sebagai media bersantai sambil nonton TV. Itu bisa membuat Anda semakin malas dan tidak ingin bergerak.

4. Melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti mendengarkan musik yang menenangkan, melakukan latihan pernapasan dalam atau bermeditasi selama beberapa menit sebelum tidur.

Kurang tidur bukan masalah sepele yang bisa diabaikan. Masalah ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan, terutama risiko terkena penyakit jantung. (mdk/des)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami