Bantu Jaga Kognitif, Ini Jumlah Asupan Air Minum yang Tepat bagi Anak

Bantu Jaga Kognitif, Ini Jumlah Asupan Air Minum yang Tepat bagi Anak
Ilustrasi air putih. ©Shutterstock/luchschen
SEHAT | 26 Juli 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi banyak anak, konsumsi air putih kadang sulit mereka lakukan dalam jumlah banyak. Banyak juga anak yang enggan untuk mengonsumsi air putih ini.

Padahal, konsumsi air putih merupakan hal yang harus diperhatikan oleh orangtua. Bukan hanya membuat badan sehat, kebiasaan ini juga mampu menjaga kognitif anak.

Apalagi, saat ini banyak anak yang lebih sering beraktivitas di rumah akibat dampak dari pandemi. Sehingga penting bagi anak agar asupan cairan mereka tercukupi.

Menurut dokter Bernie Endyarni Medise, pakar hidrasi dari Indonesian Hydration Working Group, kebutuhan cairan anak-anak berbeda dengan orang dewasa.

"Anak usia 4 sampai 6 tahun membutuhkan kurang lebih 6 gelas (1,2 liter) air minum setiap hari," kata Bernie.

"Sementara anak usia 7 sampai 12 tahun membutuhkan kurang lebih 7 gelas (1,5 liter) per hari," ujarnya beberapa waktu lalu.

2 dari 2 halaman

Ajarkan Anak Minum Air

Beberapa penelitian menyatakan bahwa tambahan minum 200 hingga 400 mililiter atau setara dengan 1 hingga 2 gelas sebelum waktu belajar dapat meningkatkan performa siswa dalam memperkuat daya tangkap visual dan memori mereka. Hal tersebut juga mampu membantu proses belajar anak serta berpotensi meningkatkan prestasi.

Namun, menurut sebuah studi yang dilakukan di tahun 2016 dan dimuat di European Journal of Nutrition tahun 2018, 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan hidrasi mereka.

Maka dari itu, psikolog anak Saskhya Aulia Prima meminta orangtua agar mengajarkan kebiasaan minum air pada anak dengan cara yang mudah ditiru.

"Orangtua harus kreatif menjadikan minum air sebagai bagian dari rutinitas yang menyenangkan, juga perlu memastikan air minum ada di tempat yang mudah dijangkau oleh anak, sehingga dapat dilakukan tanpa menunggu anak merasakan haus terlebih dahulu," kata Saskhya.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur demi Kesehatan
5 Akibat Kekurangan Karbohidrat, Jangan Sepelekan Risiko Bahayanya
5 Cara Menjauhkan Masalah dari Tulang Seiring Bertambahnya Usia
Tiba-Tiba Alami Sakit Pinggang, Ini Cara Mudah Mengatasinya
Penderita Diabetes Disarankan Tetap Berolahraga untuk Jaga Kondisi Kesehatan
6 Cara untuk Membuat Tidur Siang Jadi Lebih Berkualitas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami