Banyak Konsumsi Kafein Bisa Buat Bau Ketiak Tak Sedap

SEHAT | 19 Juli 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Terdapat sejumlah hal yang bisa membuat ketiak berbau semakin tak sedap. Salah satu hal yang mungkin menyebabkan meningkatnya bau ketiak ini adalah konsumsi kafein berlebih.

Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin Melyawati Hermawan, kafein mampu menstimulasi saraf pusat dan meningkatkan denyut jantung.

"Dari segi medis, kafein bisa menstimulasi saraf pusat dan bikin situasi seakan meningkatkan denyut. Jadi proses respirasi meningkat dan kamu pun berkeringat," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Efek kafein yang membuat tubuh seperti sedang berlari dan jantung berdebar ini juga menjadi salah satu penyebab dari produksi keringat ekstra serta bau ketiak kurang sedap.

Selain konsumsi kafein berlebih, hal yang sama juga disebabkan kebiasaan merokok serta minum alkohol.

"Rokok juga merangsang pelepasan asetikolin yang juga merangsang peningkatan denyut dan pelebaran pembukaan pembuluh darah. Alkohol juga menyebabkan proses respirasi meningkat," jelasnya.

Untuk menghindari bau ketiak, sebaiknya kamu kurangi konsumsi kafein, rokok, serta minuman beralkohol. Hal ini bisa menekan produksi kelenjar keringat di tubuhmu.

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id

Baca juga:
Mengenal Penyakit Cholinergic Urticaria yang Diderita oleh V BTS
Ini 5 Antioksidan Penting untuk Kulit Menurut Ahli Dermatologi
Bukannya Mengganggu, Kapalan di Telapak Kaki Ternyata Memiliki Manfaat Ini
Apakah Bahaya yang Mungkin Muncul Ketika Kamu Menggunakan Celana Jeans Bekali-Kali?
Jaga Kesehatan Kulit, Hindari Mandi Terlalu Lama Saat Musim Kemarau

(mdk/RWP)