Batuk darah Bisa Jadi Salah Salah Satu Gejala Penyakit Tuberkolosis

SEHAT | 15 Desember 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Batuk darah merupakan salah satu kondisi yang bisa dialami oleh seseorang. Banyak orang yang bingung penyebab dari batuk darah mereka dan kadang mengiranya sebagai dampak sihir pada tubuh mereka. Terjadinya hal ini juga menjadi gejala penyakit paru seperti tuberkulosis (TBC/TB).

"Batuk darah adalah suatu keadaan di mana seseorang mengeluarkan darah dari saluran pernapasannya. Saluran napas bagian bawah biasanya," kata dokter spesialis paru departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Persahabatan Fathiyah Isbaniah.

Fathiyah mengatakan bahwa ada banyak penyebab batuk darah. Misalnya karena infeksi atau non-infeksi. Hal ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah di paru atau jaringan sekitarnya.

"Bisa karena pembuluh darahnya rapuh akibat infeksi atau ada sesuatu hal misalnya pembuluh darahnya rapuh karena vaskularisasi karena ada tumor dan lain-lain," kata Fathiyah.

1 dari 1 halaman

Batuk Darah Tak Cuma Karena TB

Selain itu, bukan hanya tuberkulosis saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk darah. Kondisi seperti infeksi, pneumonia, radang paru, atau jamur juga pun bisa membuat seseorang mengalami hal ini.

Bahkan, bekas TB pun juga bisa menimbulkan batuk darah. Walaupun begitu, tidak semua penderita tuberkulosis akan mengalami batuk darah.

"Kalau lesinya mengenai paru-parunya dan pembuluh darah di sekitarnya, membuat hal tersebut menjadi rapuh yang menimbulkan batuk darah."

Fathiyah sendiri menegaskan bahwa tuberkulosis bisa diobati. Hanya saja, meski sudah tidak perlu mengonsumsi obat-obatan lagi, mereka yang sudah sembuh harus waspada kekambuhan karena adanya bekas TB.

Bagi orang yang pernah menderita penyakit ini, sebaiknya menjaga gaya hidup sehat. Mereka disarankan agar tidak merokok dan menjauhi minuman beralkohol.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Karena Batuk
Penyakit TBC Rentan Diderita Penghuni Lapas dan Asrama
Punya teman Dekat Bisa Membuat Seseorang Lebih panjang Umur
Tuberkolosis Jadi Tantangan di Indonesia pada Saat Bonus Demografi
7 Dampak Sehat yang Bisa Diperoleh dari Berolahraga ketika Hamil
10 Langkah Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Terpapar Air Keras

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.