Bau Napas Membandel Tak Mau Hilang, Bisa Jadi Hal Itu Disebabkan Batu Amandel

Bau Napas Membandel Tak Mau Hilang, Bisa Jadi Hal Itu Disebabkan Batu Amandel
Ilustrasi Bau Mulut. ©triangledentistry.com
SEHAT | 14 Juni 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kamu merasa kurang pede untuk berkomunikasi sehari-hari karena merasa bau napas. Sudah berkali-kali kamu coba menyikat gigi, berkumur, dan melakukan berbagai upaya untuk menghilangkannya namun 'bau naga' di mulutmu tak kunjung hilang.

Jika memang kamu mengalami masalah sulitnya bau napas yang kamu miliki ini untuk menghilang, barangkali kamu mengalami batu amandel. Lalu apa sih sebenarnya batu amandel itu?

"Permukaan amandel sebenarnya tidak mulus namun memiliki sejumlah ruang tersembunyi yang menempel pada permukaan. Ruang tersembunyi ini mungkin mengandung ingus, material organik seperti mineral dan protein, sel mati, dan juga bakteri," jelas Dr. Sharon Williams, spesialis THT dilansir dari Health24.

"Kotoran ini terperangkap atau dikalsifikasi sehingga menimbulkan batu amandel atau tonsilloliths, yang mungkin muncul pada berbagai usia baik pada anak-anak maupun orang tua," sambungnya.

Adanya batu amandel ini bukan merupakan suatu hal yang berbahaya atau gejala dari penyakit berbahaya. Walau begitu, tergantung dari ukurannya, masalah ini bisa terasa tak nyaman.

Baca Selanjutnya: Disebabkan karena Masalah Kebersihan Mulut...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami