Bayi yang Lahir dari Ibu Usia Tua Lebih Berisiko Alami Masalah Jantung

Bayi yang Lahir dari Ibu Usia Tua Lebih Berisiko Alami Masalah Jantung
SEHAT | 2 Desember 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi kesehatan serta risiko yang dimiliki seorang anak bisa sangat ditentukan dari kondisi mereka ketika berada dalam kandungan. Salah satu hal yang ternyata sangat berpengaruh adalah usia seorang ibu ketika mengandung.

Seorang wanita yang hamil di usia tua biasanya mengalami perubahan di plasenta. Hal ini bisa membuat bayi yang dikandung lebih rentan mengalami masalah jantung ketika dewasa.

Dilansir dari The Health Site, penelitian terbaru mengungkap bahwa perubahan di plasenta ibu usia tua yang hamil berujung pada tingginya kemungkinan masalah kesehatan pada anak laki-lakinya. Hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal Scientific Reports.

Pada ibu usia tua, baik janin laki-laki maupun perempuan tidak tumbuh sebesar biasanya. Namun pada perkembangan plasenta dan fungsi, terdapat perubahan yang terjadi berdasar jenis kelamin. Hal ini memainkan peran penting pada risiko meningkatnya masalah jantung dan tekanan darah tinggi pada anak laki-laki.

Wanita di atas usia 35 tahun tergolong berada pada usia kehamilan lanjut. Pada penelitian ini, dilihat bagaimana plasenta dari janin perempuan menunjukkan perubahan struktur dan fungsi yang bisa memaksimalkan dukungan terhadap pertumbuhan janin.

Baca Selanjutnya: Terdapat Perbedaan Efek pada Jenis...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami