Begini Cara Mudah Bedakan Kelenjar Tiroid dan Getah Bening
SEHAT | 9 Januari 2019 19:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika terdapat sebuah benjolan di leher, kadang kali kita sulit membedakan apakah hal tersebut merupakan kelenjar tiroid atau getah bening. Untuk membedakan antara kedua hal tersebut, ternyata bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Benjolan kelenjar tiroid terletak di bagian tengah leher. Kalau pada pria, benjolan kelenjar tiroid terlihat menonjol tepat di bawah jakun.

"Ciri khas benjolan tiroid itu benjolan akan bergerak seiring seseorang sedang menelan. Karena kelenjar ini menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan. Pergerakan benjolan pun dari bawah ke atas," ungkap ahli endokrin Fakultas Kedokteran UI-RS Cipto Mangunkusumo, dr Farid Kurniawan, SpPD.Berbeda dengan benjolan kelenjar getah bening.

Dr Farid menambahkan, kelenjar getah bening tidak menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan.

"Kelenjar getah bening itu terlihat tidak bergerak. Letaknya bisa di samping leher (kiri-kanan leher). Kalau kelenjar tiroid itu sudah pasti letaknya di bagian tengah leher," tambahnya.

Dr Farid juga menyarankan, lakukan pemeriksaan segera bila terlihat benjolan di leher. Pastikan terlebih dahulu, apakah benjolan itu kelenjar tiroid atau getah bening.

Pembesaran kelenjar tiroid dan getah bening yang dibiarkan dapat berkembang menjadi kanker. Oleh karena itu, jika terjadi masalah, pastikan untuk segera mengobatinya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
5 Makanan ini bantu sembuhkan penyakit tiroid
6 Penyakit ini mampu mengganggu kesehatan tiroid
Konsumsi 4 makanan ini saat tubuh kelebihan kelenjar tiroid
5 Bahan kimia yang mengancam kesehatan tiroid ini ditemukan di sayur!
Awas, wanita urban lebih rentan terkena penyakit tiroid!
Kekerasan saat kecil tingkatkan risiko penyakit tiroid wanita

(mdk/RWP)